KKP tangkap dua KIA Malaysia di Selat Malaka

id pemberantasan pencurian ikan,illegal fishing,selat malaka,perairan ternate,kkp

KKP tangkap dua KIA Malaysia di Selat Malaka

Kapal yang diduga menangkap ikan secara ilegal, yang telah diamankan petugas Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan. ANTARA/HO-KKP

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah menangkap dua Kapal Ikan Asing (KIA) asal Malaysia yang ditengarai menangkap ikan secara ilegal di Selat Malaka.

Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan KKP Laksmana Muda TNI Adin Nurawaluddin dalam rilis di Jakarta, Ahad, menyampaikan KIA Malaysia  ada;lah  PKFB 1269 (97,71 GT) dan PKFB 1280 (93,11 GT).]

Adin mengatakan bahwa penangkapan dua KIA asal Malaysia di Selat Malaka tersebut merupakan hasil operasi Kapal Pengawas Perikanan Hiu 01 yang dinakhodai oleh Kapten Albert Essing.

Keberhasilan penangkapan Kapal ilegal tersebut tidak lepas dari sistem pengawasan terintegrasi yang didukung oleh Airborne Surveillance dan Pusat Pengendalian KKP.

“Kapal Pengawas Perikanan Hiu 01 melakukan intersep berdasarkan informasi yang sudah diperoleh sebelumnya baik dari Pusdal maupun pesawat pemantau”, ujarnya

Lebih lanjut Adin menjelaskan bahwa kedua Kapal ilegal tersebut telah di ad hoc ke Satuan Pengawasan PSDKP Langsa- Pangkalan PSDKP Belawan untuk menjalani proses hukum lebih lanjut.

Terkait dengan kemungkinan pemanfaatan barang bukti, Adin mengungkapkan bahwa akan dipelajari lebih lanjut termasuk kemungkinan untuk disita dan dimanfaatkan untuk kelompok dan koperasi nelayan.

Selain dua KIA Malaysia di Selat Malaka, pihaknya juga menangkap dua Kapal Ikan Indonesia KM. NAJWA NAHDA (24 GT) dan KM. Suci Asti (14 GT) yang diduga beroperasi tanpa Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI), Surat Persetujuan Berlayar (SPB) dan Surat Laik Operasi (SLO).

“Dua KIA Malaysia ditangkap di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) 571 Selat Malaka pada Rabu (8/6), sedangkan dua KII diamankan di WPPNRI 715 Perairan Pulau Ternate pada Kamis (9/6)”, terang Adin.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KKP tangkap empat kapal ikan ilegal di Selat Malaka-Perairan Ternate

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE