Operasi penggantian sendi RS di Selangor gunakan robot

id robotika,operasi lutut

Operasi penggantian sendi RS di Selangor gunakan robot

Tangkapan layar orang-orang yang menyaksikan proses operasi persendian dengan sistem robotika secara daring yang digelar Sunway Medical Center di Selangor, Malaysia, Minggu (17/7/2022). (ANTARA/HO-Sunway Medical Center)

Yang terpenting, dia tidak lagi mengalami rasa sakit dan tekanan pada persendiannya setelah berjalan jauh atau naik mobil

Kuala Lumpur (ANTARA) - Sebuah rumah sakit di Selangor, Malaysia, menggunakan dua sistem robot untuk membantu melakukan operasi penggantian sendi pada pasien.

Sistem robot tersebut --bekerja dengan cara serupa seperti global positioning system (GPS) pada kendaraan-- mampu memberikan model tiga dimensi (3D) hasil pemindaian tomografi terkomputasi (CT scan) pada pasien sehingga memudahkan ahli bedah merencanakan prosedur sebelum operasi dan menentukan ukuran implan yang akurat.

Konsultan Ahli Bedah Ortopedi dan Artroplasti Sunway Medical Center Dr Chua Hwa Sen dalam keterangan tertulisnya di Kuala Lumpur, Senin, mengatakan dengan teknologi itu mereka dapat memastikan penempatan implan yang lebih akurat.

Teknologi itu juga memungkinkan pasien mengalami lebih sedikit rasa sakit setelah operasi dan dapat pulih lebih cepat, katanya.

Menurut Dr Chua, pasien pertama penggantian pinggul bilateral dengan bantuan robot kini dapat bergerak dengan nyaman dan lebih sering, tanpa harus selalu bergantung pada anggota keluarga.

"Yang terpenting, dia tidak lagi mengalami rasa sakit dan tekanan pada persendiannya setelah berjalan jauh atau naik mobil," katanya.

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: RS di Selangor gunakan robot dalam operasi penggantian sendi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE