Lomba Jong Meriahkan Kemerdekaan RI di Karimun

id perahu jong, kepulauan riau,kemerdekaan ri

Karimun (Antara News) - Delapan puluh "jong" (perahu mini tanpa awak) beradu cepat mencapai finis di perairan Pulau Tulang, Kecamatan Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu, meriahkan hari kemerdekaan RI ke-65.

"Lomba perahu 'jong' tahun ini diikuti 80 peserta. Dan, sore ini memasuki babak semifinal untuk 16 peserta yang lolos penyisihan," kata Kepala Desa Tulang Kazman Zainal ketika dihubungi dari Tanjung Balai Karimun, Sabtu.

Kazman mengatakan teknis lomba, yaitu para peserta melepas "jong" dari tengah laut untuk beradu cepat menuju pinggir pantai Pulau Tulang.

"Jong", kata dia, merupakan perahu layar mini khas masyarakat pesisir Karimun. Panjangnya paling pendek 70 inci atau sekitar 2 meter yang dipercayai memiliki kekuatan mistik karena berlayar tanpa dikendalikan manusia.

"Masyarakat pesisir mempercayai ada kekuatan lain yang membawa 'jong' ke pinggir pantai," ucapnya.

Peserta lomba, lanjut dia, terbuka untuk umum yang diikuti kalangan nelayan di sembilan kecamatan di kabupaten itu.

"Tanjungpinang juga mengutus tiga pesertanya dalam lomba kali ini," ujarnya.

Dia menambahkan, babak final lomba tradisional itu akan digelar Minggu pekan ini dengan diikuti 10 jong tercepat di semifinal.

"Babak final akan disaksikan oleh Bupati Karimun Nurdin Basirun," ucapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Karimun Syuryaminsyah mengatakan, lomba perahu "jong" merupakan agenda tahunan dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Selain perahu 'jong', kami juga menggelar lomba sampan layar pada Minggu besok," kata dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE