Ketua Bawaslu RI: Pemilu 2024 tidak bisa ditunda

id Bawaslu RI,Pemilu 2024,Isu Penundaan Pemilu

Ketua Bawaslu RI: Pemilu 2024 tidak bisa ditunda

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja dalam diskusi OTW 2024 bertajuk "Setahun Jelang Pemilu, Mata Rakyat Tertuju ke KPU dan Bawaslu" yang digelar Survei Kedai Kopi di Jakarta, Minggu (19/2/2023). ANTARA/Tri Meilani Ameliya

Jakarta (ANTARA) -
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Rahmat Bagja menegaskan, penyelenggaraan Pemilu 2024 tahun depan tidak mungkin ditunda. Salah satu alasannya karena tahapan pesta demokrasi sudah berjalan sejak 14 Juni 2022 lalu.
 
"Tak mungkin Pemilu 2024 ditunda, kecuali ya kita bicara ada perang, ada badai besar di seluruh daerah di Indonesia," ujar Bagja dalam diskusi OTW 2024 bertajuk "Setahun Jelang Pemilu, Mata Rakyat Tertuju ke KPU dan Bawaslu" yang digelar Survei Kedai Kopi di Jakarta, Minggu (19/2/2023).
 
Dia melanjutkan, saat ini salah satu tahapan Pemilu 2024 juga tengah berjalan yakni seleksi anggota KPU di tingkat daerah, baik provinsi, maupun kabupaten/kota. 
 
Melihat fakta-fakta itu, Bagja mengajak seluruh pihak untuk optimis penyelenggaraan Pemilu 2024 tahun depan dapat diselenggarakan dengan baik.
 
"Mari kita semua optimis bahwa Pemilu tahun depan bisa dapat berjalan sesuai harapan semua. Banyak yang menanti Pemilihan Umum 2024 pada 14 Februari 2024," ujar dia.
 
Di tengah tahapan-tahapan yang sedang dilaksanakan saat ini, Bagja juga menyampaikan harapannya agar tidak ada aturan mengenai pemilu yang berubah.
 
"Sejak Juni tahun lalu, sudah ada sejumlah tahapan pemilu dilaksanakan. Kalau seandainya muncul aturan yang diubah, hal ini akan menimbulkan ketidakpastian dalam prosedur. Ketidakpastian hukum melahirkan banyak hal. Itu yang perlu dijaga, bukan hanya KPU dan Bawaslu, melainkan juga pemangku kepentingan, Presiden, DPR, dan Mahkamah Konstitusi," jelas dia.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ketua Bawaslu RI: Pemilu 2024 tidak mungkin ditunda

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE