UMRAH siapkan enam kelas mahasiswa penerima beasiswa PPG

id Universitas Maritim Raja Ali Haji ,UMRAH,Pendidikan Profesi Guru (PPG)

UMRAH siapkan enam kelas mahasiswa penerima beasiswa PPG

Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan UMRAH Satria Agust. ANTARA/Nikolas Panama

Tanjungpinang (ANTARA) - Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Satria Agust di Tanjungpinang, Jumat (17/3/2023) mengungkapkan, pihaknya menyiapkan enam kelas untuk 300 orang mahasiswa yang menerima beasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Dia menyampaikan, Kemendikbudristek bulan ini mulai menyeleksi calon penerima beasiswa PPG. UMRAH siap menerima 300 orang mahasiswa, terdiri dari 150 mahasiswa dalam jabatan dan 150 mahasiswa yang belum menjadi guru.

Proses perkuliahan dilaksanakan secara daring untuk mahasiswa dalam jabatan guru, sedangkan perkuliahan tatap muka dilaksanakan untuk para calon guru.

"Perkuliahan dilaksanakan selama setahun," ujarnya.

Baca juga: Dua fakultas di UMRAH ganti nama untuk fokus kemaritiman

Satria mengemukakan Program Studi PPG dibangun UMRAH untuk memenuhi kebutuhan guru lokal maupun dari provinsi lain. Di Kepri, kata dia, UMRAH satu-satunya kampus yang memiliki Program Studi PPG sehingga diharapkan dapat membantu para guru lokal mendapatkan sertifikasi kompetensi.

Sejak tahun lalu, banyak guru maupun calon guru yang terpaksa kuliah di Program Studi PPG di kampus provinsi lain seperti Pekanbaru, Riau dan Jakarta karena UMRAH belum memiliki PPG. Biaya dan energi yang dikeluarkan para guru dan calon guru tersebut tentu cukup besar, meski mendapatkan beasiswa dari Kemendikbudristek.

"Syarat untuk mendapatkan sertifikasi guru sekarang wajib mendapatkan sertifikasi kompetensi dari PPG. Karena itu para guru yang belum miliki sertifikasi guru berduyun-duyun mengikuti seleksi agar dapat beasiswa kuliah di Program Studi PPG," katanya.

Baca juga: Kampus UMRAH perdana terima mahasiswa baru Program Studi Profesi Kedokteran

Satria mengemukakan beasiswa PPG tidak harus dari Kemendikbudristek, sebab pemerintah daerah dapat memberikan beasiswa tersebut kepada para guru maupun calon guru. Beberapa pemerintah daerah di Indonesia mengambil kebijakan tersebut untuk meningkatkan jumlah guru yang berkualitas.

"Pemerintah Aceh memberi beasiswa untuk para guru dan calon guru untuk kuliah di Program Studi PPG di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)," ucapnya.*



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kampus UMRAH siapkan enam kelas mahasiswa penerima beasiswa PPG

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE