Dinkes Riau temukan 122 kasus penyakti raja singa

id sifilis,dinkes riau,seks berisiko,penyakit menular,kemenkes,Riau

Dinkes Riau temukan 122 kasus penyakti raja singa

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Zainal Arifin. dok. Antara.

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Riau pada periode Januari hingga Mei 2023 menemukan 122 kasus penyakit raja singa atau sifilis dan penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS).

"Dari 122 kasus IMS itu tercatat sebanyak 69 penderita sudah diobati," kata Kepala Dinkes Riau Zainal Arifin dalam keterangannya di Pekanbaru, Ahad.

Terbanyak, kata dia, penyakit raja singa dan IMS ditemukan di Dumai dengan 43 kasus dan 33 pasien diantaranya sudah mendapatkan pengobatan.

"Penyakit sifilis bisa menular sehingga pasangan yang sudah menikah diimbau untuk setia dengan pasangannya guna menghindari seks yang berisiko, sekaligus menekan jumlah kasus penyakit tersebut," kata dia.

Kasus sifilis tersebut menyebar di kabupaten/kota di Riau kecuali Siak, yakni Dumai (43 kasus), Indragiri Hilir (33 kasus), Bengkalis (19 kasus), Pelalawan (13 kasus), Pekanbaru (5 kasus), Rokan Hilir (3 kasus) dan Kuantan Singingi (2 kasus). Selanjutnya, Indragiri Hulu, Kampar, Kepulauan Meranti, dan Rokan Hulu, masing-masing ada satu kasus. 

"Pada tahun 2022 tercatat sebanyak 608 kasus sifilis di Riau dan sudah 317 pasien yang telah diobati. Kasus tertinggi di Pekanbaru 159 kasus dan Dumai 130 kasus," katanya.

Sementara itu berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), penyakit sifilis terus meningkat dalam kurun waktu lima tahun terakhir (2016-2022).



 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE