PM Belanda akui tanggal kemerdekaan RI, Presiden Jokowi konsultasi ke Menlu

id pm belanda mark rutte,presiden joko widodo,menlu retno marsudi,proklamasi kemerdekaan ri,hut kemerdekaan ri

PM Belanda akui tanggal kemerdekaan RI, Presiden Jokowi konsultasi ke Menlu

Presiden RI Joko Widodo memberikan keterangan kepada awak media seusai meninjau Pasar Menteng Pulo, Jakarta Selatan, Kamis (15/6/2023). ANTARA/Gilang Galiartha

Jakarta (ANTARA) - Presiden Jokowi mengatakan akan berkonsultasi dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sebelum menanggapi pernyataan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte yang mengakui 17 Agustus 1945 sebagai tanggal kemerdekaan Republik Indonesia.

Presiden meyakini pernyataan PM Belanda soal tanggal kemerdekaan RI itu akan menimbulkan dampak yang cukup luas.

"Ya bagus, tapi nanti kita lihat. Saya minta masukan dulu dari Menlu karena impact-nya ke mana-mana," kata Presiden Jokowi di Jakarta, Kamis.

Pernyataan terkait pengakuan 17 Agustus 1945 sebagai Hari Kemerdekaan RI dikatakan Perdana Menteri Rutte dalam sebuah debat hasil penelitian mengenai dekolonisasi di Parlemen Belanda pada Rabu (14/6) waktu setempat.

Dikutip dari transkrip debat yang bisa diakses di situs resmi Parlemen Belanda, Tweede Kamer, Rutte menyatakan Belanda mengakui tanggal 17 Agustus sebagai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanpa syarat.

Hal itu dikatakan Rutte menjawab anggota parlemen asal Partai GroenLinks, Corinne Ellemeet, yang meminta Perdana Menteri untuk menyampaikan pentingnya tanggal 17 Agustus 1945 dan kemauan untuk berkonsultasi dengan Presiden Indonesia.

"Jawabannya iya. Saya akan memberi Anda sedikit latar belakang tentang itu. Belanda mengakui 17 Agustus sepenuhnya dan tanpa syarat," kata Rutter.

Rutte juga menambahkan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, Belanda selalu terlibat dan/atau hadir dalam semua perayaan HUT Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus.





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden konsultasi Menlu soal PM Belanda akui tanggal kemerdekaan RI

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE