Basarnas Natuna gelar pelatihan SAR di ketinggian

id Latihan Sar di ketinggian

Basarnas Natuna gelar pelatihan SAR di ketinggian

Kepala Kantor Basarnas Natuna Abdul Rahman saat memasang tanda pengenal kepada peserta latihan. ANTARA/HO-Basarnas Natuna

Natuna (ANTARA) - Kantor Basarnas Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau menggelar pelatihan bagi personel pencarian dan pertologan (SAR) di daerah ketinggian.

Kepala Kantor Basarnas Natuna Abdul Rahman saat dihubungi melalui sambungan telepon dari Natuna, Senin, mengatakan latihan digelar di Air Terjun Bukit Bintang Gunung Ranai di Kecamatan Bunguran Timur dengan jumlah peserta 22 orang.

"Empat orang operator komunikasi dan 18 orang rescuer," ucap dia.

Tujuan kegiatan adalah untuk mengasah kemampuan para personel dalam melakukan pencarian dan pertolongan di kawasan ketinggian.

Latihan digelar selama tiga hari pada 4-6 Maret 2024, sedangkan instruktur berasal dari Bagian SDM Basarnas Natuna.

"Latihan ini bertujuan mempertajam keterampilan rescuer dan operator dalam teknik pencarian dan pertolongan, selain juga untuk menambah pengetahuan dan menguji fungsi seluruh peralatan pencarian dan pertolongan di daerah ketinggian," katanya.

Kepada para personel ia meminta agar mengikuti latihan dengan serius agar ilmu yang diberikan bisa terserap dengan baik.

"Kegiatan ini juga ditujukan untuk menguji fungsi seluruh peralatan yang digunakan, sehingga baik personel maupun alat utama yang dimiliki dapat dinilai dan diketahui kesiapannya," imbuh dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE