Gunung Ibu muntahkan abu vulkanik setinggi 2,5 kilometer

id pvmbg,gunung ibu,gunung ibu erupsi,gunung ibu awas,gunung meletus,bencana,musibah,bencana alam,abu vulkanik,erupsi gunung ibu,Maluku Utara,malut

Gunung Ibu muntahkan abu vulkanik setinggi 2,5 kilometer

Arsip foto - Kolom abu vulkanik yang terbentuk akibat aktivitas erupsi Gunung Ibu di Maluku Utara, Rabu (15/5/2024). (ANTARA/HO-PVMBG)

Jakarta (ANTARA) - Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Maluku Utara, kembali meletus dan memuntahkan abu vulkanik setinggi 2,5 kilometer ke udara.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan letusan itu terjadi siang ini pada pukul 11.31 WIT.
 
"Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker), dan mata (kacamata)," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Ibu, Gradita Trihadi, dalam laporan yang diterima di Jakarta, Jumat.
 
Gradita menuturkan warna awan abu vulkanik yang terbentuk akibat peristiwa erupsi tersebut adalah kelabu hingga hitam dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah barat laut.
 
Erupsi itu tercatat pada alat seismogram dengan amplitudo maksimum 9 milimeter dan durasi lebih kurang 2 menit 7 detik.

Jarak bahaya berada dalam radius empat kilometer dan perluasan sektoral berjarak tujuh kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

Baca juga: 114 rumah korban banjir lahar Gunung Marapi direlokasi

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gunung Ibu kembali muntahkan abu vulkanik

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE