Kapolda pastikan keamanan pendaftaran paslon Pilkada Kepri 2024

id pendaftaran pilkada kepri, pilkada serentak 2024, polda kepulauan riau, kapolda kepri, kpu tanjungpindang,kepri,polda kepri,keamanan pilkada,pilkada s

Kapolda pastikan keamanan pendaftaran paslon Pilkada Kepri 2024

Kapolda Kepri Irjen Pol. Yan Fitri Halimansyah memimpin apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja Seligi 2024 di Alun-alun Kota Batam, Kepulauan Riau, Senin (26/8/2024). (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Batam (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Kapolda Kepri) Irjen Pol. Yan Fitri Halimansyah memantau langsung proses pendaftaran calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Pilkada Kepri 2024 di Kantor KPU Tanjungpinang guna memastikan pengamanan berjalan lancar dan kondusif, Rabu.

Dalam peninjauan tersebut, Kapolda didampingi Kepala Biro Informasi, Dir Intel, dan Kabid Humas Polda Kepri, serta Kapolresta Tanjungpinang.

“Hari ini Bapak Kapolda Kepri melaksanakan kegiatan untuk memantau di kantor KPU Provinsi Kepulauan Riau di Tanjungpinang,” kata Kepala Bidang Humas Polda Kepri Kombes Pol. Zahwan Pandra Arysad.

Pandra menyebut pendaftaran pasangan calon Pilkada Kepri untuk calon gubernur dan wakil gubernur baru dimulai hari ini, ada dua pasangan calon yang mendaftar yakni paslon Ansar Ahmad dan Nyanyang Haris Pratamura pada pukul 10.00 WIB. Serta paslon Muhammad Rudi dengan H Aunur Rafiq pada pukul 14.00 WIB.

Sehari sebelumnya, kata dia, Polda Kepri melakukan pergeseran personel yang bertugas dalam Operasi Mantap Praja Seligi 2024 ke Tanjungpinang, ibu kota Provinsi Kepri, Selasa (27/8).

Personel pengamanan yang dilibatkan, yakni Polda Kepri 162 personel terdiri atas Roops 2 personel, Disamapta 30 personel, Ditpamobvit 2 personel, Direskrimum 3 personel, Ditlantas 4 personel, Satbrimob 92 personel, Dokkes 3 personel, Ditintelkam 5 personel, Provost 3 personel, TIK 3 personel, Walpri 1 personel, LO 3 personel dan Pam KPU 11 personel.

“Pengamanan juga dibantu dari TNI Korem 033/WP sebanyak 70 personel yang siaga di Makorem,” katanya.

Baca juga: KPU Natuna: Berkas pendaftaran Wan Siswandi-Rodial Huda sudah lengkap

Dalam Operasi Mantap Praja Seligi 2024 tahap pendaftaran ini, kata Pandra, Polda Kepri juga menyiagakan rumah aman (safe house) di Mapolresta Tanjungpinang. Serta rumah sakit rujukan, yakni RSUD Raja Ahmad Tabib.

Dia juga memastikan untuk personel yang terlibat pengamanan tidak ada yang membawa senjata api.

Kemudian, juga disiapkan kantong parkir agar selama proses pendaftaran kendaran tidak menggangu arus lalu lintas masyarakat yang beraktivitas.

“Sudah disiapkan kantong parkir untuk kendaraan R2 dan R4 bagi pengantar calon kepala daerah,” katanya.

Secara umum, kata Pandra, tahapan pendaftaran calon Pilkada Kepri berjalan aman dan kondusif. Pilkada Kepri dilaksanakan di 1 provinsi, 2 kota dan 5 kabupaten.

Dua daerah yang sudah mendaftar pasangan calon yakni Kota Batam ada pasangan Amsakar dan Li Claudia. Serta di Natuna ada pasangan Siswandi dan Rodial Huda.

"Hingga hari ini, situasi di wilayah Kepri masih kondusif, dan tiap-tiap KPU menunggu pendaftaran. Adapun pengamanan setiap KPU wilayah menjadi tanggungjawab masing-masing kapolres," ujar Pandra.

Baca juga: Diusung 11 parpol, Ansar-Nyanyang deklarasi maju Pilgub Kepri

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE