Kapolda Kepri tegaskan pentingnya netralitas pada jajaran Polri

id Netralitas polri pilkada, pilkada serentak 2024, polda kepri, kepulauan riau, kota batam, kadiv propam polri, plt gubern

Kapolda Kepri tegaskan pentingnya netralitas pada jajaran Polri

Kapolda Kepri Irjen Pol. Yan Fitri Halimansyah menerima kunjungan Plt Gubernur Kepri Marlin Agustina Nasution dalam rangka mempererat sinergi selama bertugas, Jumat (27/8/2024). (ANTARA/HO-Polda Kepri)

Batam (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Kapolda Kepri) Irjen Pol. Yan Fitri Halimansyah menekankan kepada seluruh jajarannya terkait pentingnya menjaga netralitas di Pilkada 2024, sebagaimana arahan pimpinan Polri agar pesta demokrasi berjalan aman dan damai.

"Pentingnya menjaga netralitas bagi seluruh anggota Polri selama proses Pilkada 2024 ini agar tidak terjadi kecemburuan atau potensi konflik di masyarakat," kata Yan Fitri di Batam, Jumat.

Amanat ini disampaikannya saat menerima kunjungan Plt Gubernur Provinsi Kepri Marlin Agustina Nasution di Makopolda Kepri.

Dalam kesempatan itu, Yan Fitri juga mengimbau kepada semua pihak kala memasuki tahapan Pilkada ini dapat menahan diri dari potensi konflik.

"Calon-calon yang ada adalah saudara-saudara kita. Mari dukung mereka dengan cara yang positif, menjaga persatuan, dan memastikan proses Pilkada berjalan dengan aman dan damai," ujarnya.

Perwira menengah Polri itu juga menyampaikan bahwa dirinya hadir di Kepri bukan hanya sebagai Kapolda, tetapi juga sebagai bagian dari masyarakat Bumi Melayu.

"Kepri ini adalah kampung bersama, mari jaga dan rawat agar semakin baik dan aman untuk semua,” kata Yan.

Di akhir sambutannya, jenderal polisi bintang dua itu mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bergandeng tangan menjaga keamanan dan ketertiban demi kemajuan daerah.

Sementara itu, Plt Gubernur Kepri Marlin Agustina Nasution menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya ke Mapolda Kepri dalam rangka memperkuat sinergi antara pemerintah provinsi dan Polda Kepri selama masa tugasnya sebagai Plt gubernur.

"Saya juga berharap dapat mempererat kerja sama yang baik dengan Polda Kepri, khususnya dalam menghadapi berbagai tantangan selama masa jabatan saya sebagai Plt Gubernur," katanya.

Dia menekankan pentingnya kolaborasi yang solid antara pemerintah provinsi dan Polda Kepri untuk menyelesaikan berbagai program dan tanggung jawab yang masih berjalan. "

"Saya berkomitmen untuk melanjutkan tugas-tugas yang belum terselesaikan dan berharap Polda Kepri dapat terus memberikan dukungan penuh dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Kepulauan Riau," ujarnya.

Terkait netralitas Polri, Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Irjen Pol. Abdul Karim di Jakarta, Kamis (26/9), memastikan para anggota Polri netral saat Pilkada 2024.

Dia menjelaskan, untuk langkah strategis menjelang pilkada, setiap anggota Polri harus terus diingatkan soal netralitas. Juga menekankan kepada setiap anggota Polri yang ikut dalam Pilkada harus benar-benar sudah keluar dari instansi.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE