Singapura Akan Ikut Balap Sepeda Gunung "Offroad" Batam

id BIFZA, Cycling, Community. offriad, sepedfa. gunung, badan, pengusahaan, batam, duriangkang, kejuaraan, sepeda,

Batam (ANTARA Kepri) - Beberapa atlet dari Singapura akan ikut kejuaraan terbuka balapan offroad sepeda gunung yang diselenggarakan BIFZA Cycling Community atau Komunitas Pesepada Karyawan Badan Pengusahaan Batam, Kepulauan Riau, di Duriangkang, Kota Batam, Minggu, 11 November 2012.

Selain atlet dari Singapura, beberapa dari Pekanbaru dan Dumai, Riau, serta dari Tanjungpinang dan Karimun, Kepulauan Riau, sudah  mendaftar ke panitia di Ruko Mega Legenda Blok A2 No 30, Batam Kota, yang masih dibuka hingga Sabtu (10/11), kata ketua panitia lomba tersebut, Benny Syahroni, di Batam, Minggu.

BIFZA MTB Cross Country Race 2012 Open Tournament diselenggarakan sebagai rangkaian HUT ke-41 BP Batam, sedangkan pelaksanaan teknisnya oleh Batam Downhillers Associates (BadAss), sebuah klub sepeda di Batam yang aktif membina atlet olahraga bersepeda, khususnya kategori downhill.

BadAss berpengalaman melaksanakan beberapa iven olahraga sepeda ekstrem d Batam, seperti Kejuaraan Light Downhill Challenge serta Urban Downhill di Batam.

Format kejuaraan di Duriangkang akan mengacu pada Union Cycleste Internationale (UCI) Cross Country Close Circuit Looping dengan jumlah putaran disesuaikan dengan kelas atau ketagorinya.

Satu putaran akan menempuh jarak 2 km di trek offroad. Pebalap kelas Men Open (usia 20-29 tahun) akan menempuh 6 putaran, Master (30-39 tahun)  5 putaran, Grand Master (40 tahun ke atas) 4 putaran, kelas junior (19 tahun ke bawah) 4 putaran. dan kelas Women Open sebanyak 3 putaran.

Lintasan kejuraan tersebut sepenuhnya merupakan jalur offroad dengan obstacles (halang rintang) alami seperti akar pohon, bebatuan, tanjakan dan jalur menurun, serta sebuah sungai kecil akan menantang kemampuan teknik para pebalap untuk bisa melewatinya dengan kecepatan tinggi.

Medan trek yang naik turun juga akan menguras daya tahan fisik para peserta.

Terkait dengan lintasan berat,  diharapkan para peserta adalah para penggemar olahraga sepeda yang memang sudah rutin berlatih dan sering bersepeda offroad.

Panitia penyelenggara menyediakan hadiah berupa uang pembinaan dan trofi untuk lima posisi teratas di masing-masing kelas.

Melalui kejuaraan ini, BIFZA CC berharap akan muncul atlet-atlet MTB dari Batam berprestasi di kancah yang lebih tinggi, kata Benny. (A013)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE