Akademisi: Pancasila Tetap Harus Menjadi Benteng Nasionalisme

id akademisi,pancasila,tetap, harus,menjadi,benteng,nasionalisme

Batam (Antara Kepri) - Wakil Rektor Universitas Putra Batam, Doktor Gita Indrawan menyatakan nilai-nilai yang tercantum dalam pancasila harus tetap menjadi benteng nasionalisme bagi generasi muda saat ini.
    
"Pancasila adalah roh perjuangan pemuda pada masa lalu hingga saat ini dalam berjuang dan belajar untuk menjadi pemimpin bangsa selanjutnya, serta agar mampu bersaing dengan bangsa lain tanpa meninggalkan karakter khas bangsanya sendiri," kata dia.
    
Hal tersebut disampaikan saat menjadi narasumber pada dialog kebangsaan yang dilaksanakan oleh BEM STT Ibnu Sina bekerjasama dengan FGD (Focus Group Discussion) Nusantara dan Komunitas Merah Putih Kepri di aula kampus Ibnu Sina.
    
Ia mengatakan di depan ratusan peserta dari pelajar tingkat SMA dan kalangan mahasiswa pada kegiatan tersebut bahwa saat ini terasa kurangnya pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila di kalangan generasi muda.
    
"Ketika membahas pancasila menjadi hal yang tabu dan kuno serta abstrak untuk dibahas, hal ini mengakibatkan degradasi kecintaan terhadap tanah air dan rendahnya wawasan kebangsaan di kalangan penerus estafet kepemimpinan bangsa, sehingga peningkatan wawasan kebangsaaan harus terus dilakukan," kata Gita.
    
Hadir juga sebagai narasumber pada kegiatan tersebut Anggota DPRD Batam Aman, Kapten Baziduhu Zebua dari Kodim 0316 Batam dan Muhammad Irfan dari KNPI Kota Batam.
    
"FGD Nusantara ini berbentuk kelompok diskusi yang digagas oleh teman-teman mahasiswa untuk terus menggulirkan wacana-wacana strategis di kalangan pelajar dan mahasiswa. Kegiatan ini bertujuan lebih menghidupkan kembali budaya intelektual di kalangan kaum terpelajar untuk mengimbangi bangkitnya moral force di kalangan mahasiswa, khusunya di Kota Batam," kata kordinator FGD Nusantara, Adri Wislawawan.
    
Ia mengatakan, kegiatan-kegiatan seperti ini bukanlah pertama kali yang kami lakukan, dan akan kami jadikan agenda rutin dengan topik yang disesuaikan dengan dinamika di tengah-tengah masayarakat.
    
Kapten Baziduhu Zebua menekankan pentingnya generasi muda saat ini untuk terus berkarya dan tidak terjebak kepada kegiatan-kegiatan yang bersifat negatif.
    
"Ditangan pemudalah ujung tombak kesinambungan kepemimpinan bangsa, bebruatlah di tengah-tengah masyarakat sesuai irama zamanmu agar tidak terpengaruh dalam kegiatan yang ingin menghancurkan generasi muda bangsa Indonesia," kata dia.
    
Anggota DPRD Kota Batam, Aman mengingatkan kepada para peserta dialog bahwa nilai-nilai pancasila adalah hal yang sacral dan bukan hal yang tidak bisa dimplementasikan.
    
"Kelima sila dalam pancasila telah memberikan kita pedoman tentang kehidupan berbangsa dan bernegara dan menjadi perekat kita dalam kehidupan rakyat Indonesia yang plural," kata dia.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE