AKBP Ucok Silalahi sang Komandan Anak Pulau

id akbp ucok silalahi,polres lingga,komandan anak pulau

AKBP Ucok Lasdin Silalahi saat menjabat sebagai Kapolres Lingga (Antaranews Kepri/Nurjali)

Dengan membuat cetak sawah untuk memandu masyarakat di Desa Resang itu menjadi salah satu bukti keberhasilan AKBP Ucok untuk merubah pola hidup masyarakat jadi berimbang antara bersawah dan melaut,
Lingga (Antaranews Kepri) - Dedikasi AKBP Ucok Lasdin Silalahi dalam menjadi sosok pemimpin di Kepolisian Resort Lingga menuai kesan mendalam saat dirinya dimutasikan pada jabatan baru sebagai Kapolres Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Ketua Komisi I DPRD Lingga, Neko Wesha Pawello kepada Antara, Jum'at mengatakan, sosok Ucok itu seperti komandannya anak pulau. Dimana saat menjadi pemimpin di Polres Lingga, perwira melati dua itu banyak merangkul serta memberi motivasi kepada pemuda dan masyarakat dari berbagai bidang di Kabupaten Lingga.

"Sosok seperti beliau (AKBP Ucok) sangat sulit ditemukan," katanya.

Lanjutnya, adapun salah satu dedikasi AKBP Ucok Lasdin Silalahi yang mengantarkan dirinya meraih penghargaan oleh Bupati Lingga Alias Wello itu karena kerja kerasnya membantu pemerintah mensukseskan program pertanian.

"Dengan membuat cetak sawah untuk memandu masyarakat di Desa Resang itu menjadi salah satu bukti keberhasilan AKBP Ucok untuk merubah pola hidup masyarakat jadi berimbang antara bersawah dan melaut," kata Neko.

Baca juga: AKBP Ucok Silalahi jabat Kapolres Tanjungpinang

Ditempat terpisah, Ketua Pengurus Cabang Indonesia Offroad Federation (IOF) Kabupaten Lingga, Novrizal mengatakan, selain sukses menghipnotis masyarakat Kabupaten Lingga yang masih sangat tabu dengan pertanian khususnya sawah, Kapolres Lingga yang bertugas belum genap setahun ini juga telah banyak memberikan kontribusi diberbagai bidang, salah satunya pada sektor pariwisata.

Baca juga: Kapolres dan Kabandara ramaikan Lingga Recycle Carnival

Berbagai kegiatan pariwisata di Lingga yang tengah digalakkan, AKBP Ucok selalu ambil andil seperti dengan mendukung kegiatan seperti Lingga Recycle Carnival, Pancur Pelantar Festival hingga kegiatan Off Road.

"Beliau juga mengajarkan kami bagaimana menjaga kekompakan tim yang solid, dan memotivasi untuk mengenalkan potensi yang dimiliki Kabupaten Lingga khususnya melalui dunia otomotif," kata dia.

Lihat Video:

Dibidang Olahraga AKBP Ucok Lasdin silalahi juga berhasil menggelar berbagai kegiatan dan mendorong berbagai potensi olahraga di Kabupaten Lingga, antara lain kegiatan Lingga Run 2017 dengan menggandeng bidang kepemudaan dan olahraga Dis Parpora Kabupaten Lingga. kemudian mendukung berbagai cabang olahraga seperti cabang olahraga bola Voli dan futsal.

Dirinya juga turut aktif dalam berbagai kegiatan organisasi kepemudaan dengan turun bersama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Pemuda HKTI Kabupaten Lingga serta beberapa komunitas organisasi kepemudaan di Kabupaten Lingga, untuk memberikan arahan dan pengalamannya dengan berdiskusi dan menggelar kegiatan pertanian sebagai upaya mendukung Lingga meraih piala Adipura.

"Kami sangat merasa kehilangan sosok pengayom yang senantiasa mau berbagi ilmu, suatu kebanggaan bagi kami pemuda Lingga yang telah ditunjuk ajar oleh beliau," kata Ketua KNPI Kabupaten Lingga Saparudin, saat dihubungi Antara.

Dengan inovasi tersebut tugas dan fungsi utama kepolisian yang mengusung tema Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya) tentu menjadi tolak ukur keberhasilan Polres Lingga dimasa kepemimpinan AKBP Ucok Lasdin Silalahi berdasarkan laporan akhir tahun kepolisian, yang menghantarkan Polres Lingga berada diperingkat teratas sebagai Polres yang menyelesaikan beberapa kasus termasuk kasus korupsi Alkes senilai milyaran rupiah.

Kemudian polres Lingga juga berhasil menekan angka tindak kriminalitas mulai dari pencurian, pencabulan hingga tindak kriminal lainnya termasuk Narkoba dan ilegal logging.

"Selamat bertugas dan berkarir ditempat yang baru sang komandan anak pulau, jangan pernah lupakan kemesraan yang pernah terjalin di Kabupaten Lingga ini," pungkasnya.(Antara)

Editor : Pradanna Putra
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar