Wabup Lingga sampaikan pesan penting di Musrenbang Katangbidare

id Wabup Lingga sampaikan pesan penting di Musrenbang Katangbidare

Wabup Lingga sampaikan pesan penting di Musrenbang Katangbidare

Wakil Bupati Lingga di dampingi Camat Katang Bidare saat membuka kegiatan Musrenbang perdana Katang Bidare (Ist)

Kita juga ingatkan kepada desa-desa jika ada investasi yang masuk, mengenai persoalan lahan dan persoalan lainnya dari awal sudah harus libatkan camat, jangan nanti setelah timbul masalah baru melibatkan camat
Lingga (Antaranews Kepri) - Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar menyampaikan lima pesan penting saat membuka Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Katang Bidare, yang merupakan Musrenbang perdana digelar diusianya yang belum genap setahun berdiri dan memiliki pemerintahan sendiri.

"Ini merupakan amanat dari pak bupati, untuk membuka tiga Musrenbang yang digelar di tiga kecamatan yang baru di mekarkan," kata Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar, kepada Antara, Sabtu.

Adapun beberapa point tersebut diantaranya, Wakil Bupati Lingga menekankan kepada seluruh kepala desa dan Badan Permusyarawatan Desa (BPD) untuk usulan yang sudah terlalu lama diusulkan namun tidak terealisasi, harus segera di priotitaskan untuk kembali di usulkan. Untuk itu dirinya menargetkan agar satu desa satu kegiatan, harus terwujud di tahun depan untuk dibangun.

Dirinya juga menyampaikan bahwa beberapa kegiatan yang diusulkan namun tidak terealisasi, bukan karena disengaja atau karena pemerintah daerah tidak peduli, namun hal tersebut dikarenakan skema pembiayaan pembangunan bisa juga bersumber dari Dana Desa (DD) selain dari APBD maupun APBN.

"Desa-desa di Katang Bidare ini kita berharap juga menyelesaikan SPJ tepat waktu, karena auditor BPK selalu melakukan pemeriksaan rutin," sebutnya.

Musrenbang menurut Nizar merupakan puncak dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang mana RKPD adalah acuan dalam penyusunan rencana kerja anggaran dalam penyusunan APBD. Dirinya juga mengingatkan agar camat membuat Renstra yang sangat substansi yang memuat visi, misi, tujuan, strategi dan kebijakan. 

"Kita juga ingatkan kepada desa-desa jika ada investasi yang masuk, mengenai persoalan lahan dan persoalan lainnya dari awal sudah harus libatkan camat, jangan nanti setelah timbul masalah baru melibatkan camat," sebutnya.

Terakhir dirinya berpesan agar, pelaksanaan Musrenbang di Kecamatan Katang Bidare dapat berjalan lancar, sesuai dengan harapan dan tujuan dari masyarakat untuk menjadikan Kabupaten Lingga sebagai Lingga Terbilang 2020. (Antara) 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE