Bank Indonesia tambah 5 pojok bacaan di Batam

id minat baca batam,bi corner, bi kepri

BI Corner di Perpustakaan Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) (umsu.ac.id) (umsu.ac.id/)

Batam (ANTARA) - Bank Indonesia menambah pojok bacaan di 5 perpustakaan di Kota Batam, untuk meningkatkan minat baca warga setempat sekaligus mensosialisasikan tugas dan fungsi bank central.

"Tahun ini kami menambah 5 BI Corner lagi," kata Tim Koordinasi dan Komunikasi Kebijakan BI Kepri, Yeni Anggraini di Batam, Kepulauan Riau, Selasa.

Lima BI Corner yang akan didirikan tahun ini yaitu di SMAN 8 Batam, SMA Kartini, SMA Kallista, SMA Mondial dan SMA Harapan Utama.

Dengan penambahan itu, maka total BI Corner yang sudah didirikan BI kantor perwakilan Kepri sejak 2016 sebanyak 17 unit.

Pendirian BI Corner merupakan komitmen bank central untuk meningkatkan minat baca masyarakat, sekaligus meningkatkan literasi masyarakat akan pengetahuan tentang keuangan dan ke-bankcentral-an.

Namun, tidak hanya buku tentang keuangan dan bank central yang disajikan di pojok baca, melainkan juga berbagai jenis buku, sesuai dengan kebutuhan tempat BI Corner itu berdiri.

"Seperti di Batam Tourism Polytechnic, mereka meminta diperbanyak untuk pariwisata, cara memasak diperbanyak agar sesuai dengan minat baca mahasiswanya," kata dia.

Selain mendirikan BI Corner, bank central juga menyelenggarakan seminar untuk meningkatkan minat baca dan optimalisasi peran BI Corner, agar pojok baca itu dapat dimanfaatkan seluas-luasnya oleh masyarakat.

Ia mengatakan BI membuka kesempatan kepada berbagai pihak yang ingin ditempatkan BI Corner. Namun, tegas dia, ada sejumlah persyaratan yang harus dilengkapi.

Persyaratannya antara lain memiliki perpustakaan yang sering dikunjungi dan bersedia menyiapkan ruangan seluas 12 meter persegi di sana.

Kemudian memiliki fasilitas pendingin ruangan dan wifi dan bersedia bekerja sama untuk pelaksanaan kegiatan terkait program, serta bersedia merawat dengan baik segala fasilitas yang diberikan dan menjamin kontinuitas serta keberlanjutan program.

Selain buku-buku, BI juga menyiapkan unit komputer, TV dan rak baca di setiap pojok baca.
 
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar