KPU Kepri Apresiasi Sikap Pemerintah Natuna

id KPU,Kepri,Apresiasi,Pemerintah,pilkada,Natuna

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau (KPU Kepri) memberi apresiasi kepada Pemerintah kabupaten Natuna, Kota Batam dan Kabupaten Karimun, yang dinilai bersikap tegas dan serius menangani Pilkada Desember 2015.

"Ketiga pemerintah daerah itu menganggap pilkada merupakan agenda penting yang harus dilaksanakan secara serius. Natuna akan mengalokasikan anggaran Rp14,5 miliar, sedangkan Batam Rp16 miliar," kata Komisioner KPU Kepri Arison di Tanjungpinang, Rabu.

Dia mengemukakan Natuna, tidak mengalokasikan anggaran pilkada karena memprediksikan pilkada dilaksanakan tahun 2016.

Sementara berdasarkan UU Nomor 1/2015 tentang Pilkada, ketiga daerah tersebut harus menyelenggara pilkada karena masa jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah berakhir pada semester pertama tahun 2016.

Pilkada Natuna, Batam dan Karimun akan diselenggarakan secara simultan dengan Pilkada Kepri, Anambas, Bintan dan Lingga.

Kondisi itu yang membuat Pemerintah Natuna, Karimun dan Batam mengalokasikan anggaran pilkada pada APBD Perubahan 2015. Mereka memiliki komitmen untuk mempercepat pembahasan anggaran perubahan sehingga dapat digunakan untuk penyelenggaraan pilkada.

"Pemerintah Natuna, Batam dan Karimun memiliki komitmen untuk mengurangi kegiatan lainnya, dan mengutamakan anggaran untuk pilkada," katanya.

Arison mengimbau KPU kabupaten dan kota melakukan koordinasi secara intensif dengan pemerintah dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan pilkada. Pemerintah dan penyelenggara pilkada juga harus berhati-hati dalam menganggarkan untuk pelaksanaan pilkada.

"Penganggaran harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ucapnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE