Selasa, 27 Juni 2017

Karimun Dongkrak Ekonomi Kerakyatan Berbasis Maritim

id Karimun,Dongkrak,Ekonomi,Kerakyatan,Berbasis,Maritim
Hasilnya alhamdulillah. Memang kita tidak menghitung berapa keuntungan mereka, tapi terbukti dari jumlah produksi mereka yang kita bantu jualkan
Karimun (Antara Kepri) - Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, menyiapkan sejumlah program untuk mendongkrak sektor ekonomi kerakyatan berbasis kemaritiman melalui pembinaan kelompok-kelompok usaha kecil dan menengah (UKM).

"Sudah, sudah kita buat, salah satunya kita buat Gerai Karimun, Dekranasda, Rumah Kreatif dan lainnya," kata Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan ESDM Karimun Muhammad Yosli di Tanjung Balai Karimun, Kamis.

Muhammad Yosli mengatakan melalui sarana-sarana tersebut pihaknya turut serta memasarkan hasil produksi para pelaku UKM tersebut, baik melalui jual beli yang dilakukan secara langsung ditempat-tempat yang ditunjuk, maupun melalui 'online' lewat jejaring sosial.

"Hasilnya alhamdulillah. Memang kita tidak menghitung berapa keuntungan mereka, tapi terbukti dari jumlah produksi mereka yang kita bantu jualkan,"katanya.

Muhammad Yosli juga tidak menafikan jika dari sekian banyak pelaku UKM, ada beberapa di antaranya tidak aktif karena keterbatasan sumber daya manusia dan bahan baku dari produksi mereka masing-masing.

"Mereka memproduksi berdasarkan pesanan dari pelanggan," katanya

Menurut dia, dalam upaya memasarkan hasil produksi para UKM itu, pihaknya juga berencana mendirikan gerai yang sama di Tanjungbatu, tepatnya di dalam kawasan terminal pelabuhan domestik yang telah siap dioperasikan.

"Di Tanjungbatu juga akan kita usahakan, usulan dari kecamatan sana sudah minta kita mendirikan gerai di sana," ujarnya.

Dikatakannya, dari pelaku UKM tersebut, sebagian besar memproduksi olahan kuliner yang berbahan baku berbasis maritim, seperti ikan, udang, rumput laut dan lainnya.

Menurutnya tak jarang dari olahan tersebut mendapat pesanan dan incaran bagi wisatawan asing dan lokal saat berkunjung ke kabupaten maritim ini.

"Yang banyak itu produksi kerupuk ikan, kerupuk udang, dodol rumput laut dan makanan ikan laut,"katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga