JCH Indonesia yang sakit di Tanah Suci capai 447 orang

id Haji,Info haji,Mekkah,Madinah,Ppih,Calon haji

JCH Indonesia yang sakit di Tanah Suci capai 447 orang

Suasana di ruang perawatan anggota jamaah yang sakit di Klinik Kesehatan Haji Indonesia Daerah Kerja Mekkah. ANTARA/Hanni Sofia/am.

Atur kondisi kesehatan diri sendiri dan tidak memaksakan untuk selalu shalat di Masjidil Haram mengingat waktu pelaksanaan wukuf masih lama

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama mencatat jemaah calon haji (JCH) Indonesia yang sakit sejak kedatangan pertama di Tanah Suci hingga saat ini mencapai 447 orang.

Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kementerian Agama Akhmad Fauzin, di Jakarta, Kamis, merincikan sebanyak 302 sari 447 orang JCH harus rawat jalan, sedangkan 142 orang dirawat di klinik kesehatan haji Indonesia, dan tiga orang lainnya dirawat di RS Arab Saudi.

Dalam kesempatan itu, ia juga melaporkan satu orang JCH Indonesia wafat. Almarhum bernama Subagi Darnoso Daud bin Darnoso (60) Embarkasi Solo (SOC). Total jumlah calon haji yang wafat hingga saat ini sebanyak 10 orang.

Kemenag mengingatkan jamaah untuk membatasi aktifitas di luar ruangan, selalu memakai alas kaki, jangan menunggu haus untuk minum, menjaga kesehatan dengan makan tepat waktu serta istirahat yang cukup.

"Atur kondisi kesehatan diri sendiri dan tidak memaksakan untuk selalu shalat di Masjidil Haram mengingat waktu pelaksanaan wukuf masih lama," kata dia.

Sementara itu, PPIH melaporkan bahwa sebanyak 57.100 calon haji reguler sudah diberangkatkan menuju Tanah Suci, baik mendarat di Madinah maupun Jeddah. Adapun calon haji khusus yang sudah tiba di Tanah Suci berjumlah 1.827 orang.



 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenag: Calon haji yang sakit sebanyak 447 orang
Pewarta :
Editor: Nikolas Panama
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE