Batam perbanyak destinasi wisata seiring peningkatan wisman

id kepri,batam ,wisman

Batam perbanyak destinasi wisata seiring peningkatan wisman

Peresmian Masjid Tanwirun Naja (Masjid Tanjak) di Batam Kepulauan Riau, beberapa waktu lalu (ANTARA/HO-Disbudpar Batam)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau memperbanyak destinasi wisata seiring dengan peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke daerah setempat.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi di Batam, Minggu, mengatakan beberapa waktu lalu pihaknya baru saja meresmikan Masjid Tanwirun Naja (Masjid Tanjak) di kawasan Bandar Udara Internasional Hang Nadim sebagai upaya membuat wisman merasa nyaman saat berkunjung ke daerah itu.

"Masjid ini disiapkan untuk menjadi salah satu ikon Kota Batam dan dapat menjadi salah satu destinasi wisata religi di Kota Batam," kata dia.

Ia berharap, kunjungan wisman ke Kota Batam terus meningkat seiring dengan dibuka pintu masuk serta penambahan jadwal pelayaran melalui pelabuhan internasional.

“Pariwisata menjadi salah satu penyumbang PAD dalam membangun Kota Batam. Untuk itu, angka kunjungan ini diharapkan bisa terus menunjukkan tren positif,” kata dia.

Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) Batam pada Mei 2022 terdapat 16.761 kunjungan wisman.

Angka ini meningkat signifikan dibanding bulan Maret yakni 995 kunjungan dan April 8.149 kunjungan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata optimistis dengan peningkatan kunjungan wisman, daerah itu akan kembali seperti tahun 2019 sebagai penyumbang terbesar wisman bagi Kepri dan Indonesia, setelah Bali.

"Kita masih ingat, jumlah wisman yang berkunjung ke Batam pada 2019 lalu mencapai 1.947.943 kunjungan. Setidaknya, kita semua berharap kunjungan tahun ini melejit lagi, kalau bisa lebih dari satu juta (wisman)," ujar dia.

Pada Sabtu (2/7), puluhan wisman dari kapal pesiar Resort World Cruises berkunjung ke Kota Batam melalui Pelabuhan Feri Nongsapura Terminal di Nongsa.

"Wisman tersebut menjelajahi destinasi wisata yang ada di Kota Batam, seperti wisata kuliner, belanja, eko wisata dan sebagainya. Kegiatan serupa berlanjut setiap akhir pekan," kata dia.

Sepanjang tahun 2022 ini, Kota Batam telah menyiapkan 168 atraksi di antaranya hajatan akbar Kenduri Seni Melayu (KSM) yang berlangsung pada 21-23 Juli 2022 dan acara Batam Jazz Festival yang akan dihelat pada 30-31 Juli 2022.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE