Ratusan WNI di detensi imigrasi Malaysia segera dipulangkan ke Tanah Air

id WNI meninggal di malaysia,detensi imigrasi malaysia,perlindungan wni,detensi imigrasi sabah,detensi imigrasi tawau

Ratusan WNI di detensi imigrasi Malaysia segera dipulangkan ke Tanah Air

Pekerja Migran Indonesia (PMI) non prosedural diberangkatkan dari PLBN Badau perbatasan RI-Malaysia wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat, untuk diserahkan kepada Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia di Pontianak, Rabu (13/7/2022). ANTARA/Teofilusianto Timotius)

Jakarta (ANTARA) - Lebih dari 200 warga negara Indonesia yang berada di sejumlah detensi imigrasi wilayah Sabah, Malaysia, segera dipulangkan ke Tanah Air menyusul laporan terdapat WNI meninggal dunia di sana.

“Informasi terakhir yang kami terima dari Konsulat RI di Tawau, akan ada proses pemulangan lebih dari 200 warga negara kita yang ada di detensi Sabah dari wilayah Tawau ke Nunukan. Insya Allah pada bulan ini sudah bisa kita lakukan,” kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha, Kamis.

Rencana percepatan pemulangan deportan WNI itu merupakan hasil dari pertemuan antara Konjen RI di Kota Kinabalu dan Konsul RI di Tawau dengan Pengarah Imigresen Wilayah Sabah, Malaysia.

“Karena kami mencatat memang banyak detensi di Malaysia mengalami overcrowded, maka percepatan pemulangan menjadi salah satu solusi,” kata Judha.

Dari pertemuan tersebut juga diperoleh data, terdapat 18 orang WNI yang meninggal dunia di detensi imigrasi Sabah sepanjang tahun 2021, kemudian pada Januari hingga Juni 2022 berjumlah tujuh orang.

“Kami telah mendapatkan data-data detail tersebut dan saat ini kita sedang pelajari, termasuk kita meminta pengacara kita yang ada di Tawau untuk mempelajari kasus-kasus tersebut dari sisi legal,” kata Judha.



 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ratusan WNI di detensi imigrasi Malaysia segera dipulangkan

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE