UI ditetapkan sebagai pelaksana program wirausaha merdeka

id universitas indonesia,ui depok,wirausaha muda,wirausaha ui,wirausaha merdeka

UI ditetapkan sebagai pelaksana program wirausaha merdeka

Kegiatan program Wirausaha Universitas Indonesia (ANTARA/Foto: Humas UI)

Program WM ditujukan bagi para mahasiswa dan mahasiswi yang memiliki minat pada dunia wirausaha untuk meningkatkan kompetensi dan pengalaman berwirausaha. Pengalaman di luar kelas perkuliahan ini dapat diakui maksimum sampai 20 SKS melalui skema MBKM
Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) dipercaya untuk menjadi salah satu perguruan tinggi sebagai pelaksana Program Wirausaha Merdeka (WM) diantara 16 perguruan tinggi lainnya.

Program ini merupakan salah satu flagship baru Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

"Program WM ditujukan bagi para mahasiswa dan mahasiswi yang memiliki minat pada dunia wirausaha untuk meningkatkan kompetensi dan pengalaman berwirausaha. Pengalaman di luar kelas perkuliahan ini dapat diakui maksimum sampai 20 SKS melalui skema MBKM," kata Kepala Biro Humas dan KIP UI Amelita Lusia dalam keterangannya, di Depok, Jawa Barat, Senin.

Menurut dia, tujuan program ini menumbuhkan pola pikir dan kompetensi dasar bidang kewirausahaan.

Sebanyak 189 orang peserta dari 53 perguruan tinggi seluruh Indonesia yang berasal dari 48 Program Studi yaitu 5 Program Diploma, 39 Program Sarjana, dan 3 Program Magister, terlibat di dalam program ini. Mereka berasal dari Jabodetabek (102 orang), dan non-Jabodetabek (88 orang) berasal dari 58 Kota di Indonesia: 41 kota di Jawa-Bali, 12 kota di Sumatera, 1 kota di Kalimantan, dan 1 kota di Maluku.

Program Wira-Cipta UI mendapat dukungan dari Founderplus dan Sekolah Ekspor. Kurikulum dan materi program merupakan formulasi akademik-praktisi, yaitu gabungan dari kuliah kewirausahaan dari berbagai prodi di UI , Program inkubasi bisnis di Direktorat Inovasi dan Science Techno Park UI, serta dari modul pelatihan dari Founderplus dan Sekolah Ekspor.

Kegiatan Wirausaha Merdeka UI (WMK UI) dilaksanakan dari akhir bulan Agustus sampai akhir November 2022 secara daring dan luring.

 
Pewarta :
Editor: Nikolas Panama
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE