BMKG imbau warga Kepri waspada banjir rob dampak gerhana bulan

id Banjir rob,Gerhana bulan,BMKG,Batam,Kepri

BMKG imbau warga Kepri waspada banjir rob dampak gerhana bulan

Kantor BMKG Hang Nadim Batam (ANTARA/HO-Humas BMKG Batam)

Batam (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam mengimbau warga pesisir di Kepulauan Riau untuk mewaspadai potensi banjir pesisir (rob) selama tujuh hari ke depan (8 hingga 14 November 2022) sebagai dampak gerhana bulan total.

Prakirawan cuaca BMKG Hang Nadim Batam Fitri Annisa mengatakan potensi banjir rob tersebut, secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti bongkar muat di pelabuhan, pemukiman warga pesisir, serta aktivitas tambak garam, dan perikanan darat.

“Masyarakat diimbau selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG,” ujar Fitri saat dihubungi di Batam, Senin (7/11).

Baca juga:
Polda Kepri jamin Porprov berjalan kondusif

KPU Batam selesaikan verifikasi faktual 2.660 anggota partai politik

Dia menjelaskan untuk tinggi gelombang laut di beberapa daerah di Kepri diperkirakan lebih dari satu meter, seperti di wilayah perairan Batam dan Lingga, ketinggian gelombang laut mencapai 1,5 meter.

“Untuk perairan Anambas mencapai ketinggian 2,5 meter dan Natuna mencapai ketinggian 3 meter,” katanya.

Ia mengatakan untuk waktu terjadinya, di setiap daerah di Kepri berbeda-beda, seperti di Kabupaten Lingga, potensi banjir rob bisa terjadi hingga tujuh hari (8 sampai 14 November 2022).

Sementara untuk Kabupaten Karimun potensi banjir rob bisa terjadi selama empat hari (8 sampai 11 November 2022) dan Kota Batam, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, Natuna serta Anambas selama lima hari (8 sampai 12 November 2022).
 

Sebelumnya, Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad mengimbau kepada nelayan maupun masyarakat yang berada di pesisir pantai agar selalu waspada dengan adanya dampak gerhana bulan seperti naiknya ketinggian air laut.

“Selalu waspada, karena pada saat gerhana bulan ini akan ada air pasang yang lebih tinggi. Sering-sering memantau informasi yang diberikan oleh BMKG,” katanya.

Baca juga:
Dua parpol di Kepri penuhi syarat minimal keanggotaan partai

Polresta Barelang buka bimbingan belajar gratis SIM

KPU Batam tingkatkan pendidikan politik pemilih pemula

BEI sebut 61 persen saham yang tercatat merupakan syariah


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG imbau warga pesisir Kepri waspada banjir rob dampak gerhana bulan

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE