Sekda Sulit Hindari Tekanan Politik

id sekda,fraksi demokrat,dprd,kepulauan riau,kepri,surya makmur nasution,tanjungpinang

Tanjungpinang (ANTARA News) - Sekretaris Fraksi Demokrat DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Surya Makmur Nasution menyatakan, sekretaris daerah sulit menghindari tekanan politik.

Surya Makmur Nasution, Kamis, mengatakan, sekretaris daerah (sekda) mudah mendapat tekanan politik, karena berhubungan langsung dengan pejabat yang lahir dari hasil pesta demokrasi.

"Saya mencium adanya beban politik untuk Sekretaris Daerah Kepulauan Riau yang akan dilantik dalam waktu dekat," ujar Surya yang juga Sekretaris Komisi I DPRD Kepri, di Tanjungpinang.

Nasution mengatakan, Plt Sekda Kepri Arifin dalam waktu dekat akan diganti oleh satu dari tiga pejabat yang telah mengikuti uji kelayakan dan uji kepatutan.

Tiga nama yang dikabarkan mengikuti tes calon Sekda Kepri itu adalah Kepala Bapeda Kepri Suhajar Dewantara, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Lamidi serta Kepala Dinas Kehutanan, Pertenakan dan Pertanian Kepri Said Jafar.

Kepentingan politik sudah mulai tercium sejak proses pencalonan, meski jabatan Sekda itu bukan jabatan politik. Kepentingan politik yang dititipkan akan menghambat kerja Sekda Kepri.

Jika permasalahan itu berkembang, maka sistem pemerintahan yang telah terbangun sejak Kepri disahkan menjadi provinsi akan rusak.

"Jabatan sekda itu sangat strategis, terutama dari sektor anggaran dan kebijakan. Kami khawatir sekda akan menyelewengkan peraturan jika dibebani oleh kepentingan politik," ungkap politisi yang mantan wartawan harian Kompas ini.

Ia berharap, Gubernur Kepri HM Sani dapat memperhatikan permasalahan tersebut untuk menghindari berbagai persoalan yang dapat menghambat proses pembangunan.

"Kami berharap Pak Sani bisa menghadapi permasalahan itu demi terciptanya pemerintahan yang bersih dan baik," katanya.

Baru-baru ini, Sani berjanji dalam waktu dekat akan mengumumkan Sekda Kepri yang terpilih berdasarkan hasil uji kelayakan dan uji kepatutan. Namun ia belum bersedia membeberkan calon Sekda Kepri yang mengikuti tes.

"Dalam waktu dekat akan kami umumkan," katanya. (NP/S023/Btm2)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE