Pemkot Tanjungpinang bentuk tim pengusulan Engku Hamidah sebagai pahlawan

id engku putri raja hamidah,pahlawan tanjungpinang,pengusulan pahlawan nasional

Pemkot Tanjungpinang bentuk tim pengusulan Engku Hamidah sebagai pahlawan

Makam Engku Putri Raja Hamidah di Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau. (ANTARA/Nikolas Panama)

Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah Kota Tanjungpinang di Provinsi Kepulauan Riau membentuk tim pengusulan Engku Putri Raja Hamidah sebagai pahlawan nasional.

Sekretaris Daerah Tanjungpinang Zulhidayat di Tanjungpinang, Ahad, mengatakan bahwa tim khusus tersebut dibentuk untuk mempercepat persiapan pengusulan Engku Putri Raja Hamidah sebagai pahlawan nasional.

"Saat peringatan HUT Tanjungpinang 6 Januari 2023, Ibu Rahma (Wali Kota Tanjungpinang) menyinggung soal percepatan kajian dan usulan Engku Hamidah sebagai pahlawan nasional. Ini ditindaklanjuti oleh dinas terkait dengan membentuk tim khusus," katanya.

Zulhidayat mengemukakan bahwa tim khusus tersebut terdiri atas pakar sejarah dan budayawan yang memahami sejarah perjuangan Engku Putri Raja Hamidah melawan tentara Belanda.

Anggota tim khusus itu antara lain Abdul Malik, sejarawan dari Universitas Maritim Raja Ali Haji yang sebelumnya terlibat dalam pengusulan Raja Haji Fisabilillah, Raja Ali Haji, dan Sultan Mahmud Riayat Syah sebagai pahlawan nasional.

"Kami sangat yakin Pak Abdul Malik dan teman-teman tim memiliki argumentasi ilmiah dan fakta sejarah yang dapat meyakinkan pemerintah pusat untuk menetapkan Raja Hamidah sebagai pahlawan nasional," kata Zulhidayat.

Abdul Malik mengatakan bahwa tim berencana membahas persiapan pengusulan Engku Putri Raja Hamidah sebagai pahlawan nasional dalam rapat pekan depan.

Selanjutnya, tim akan mengumpulkan dan mengkaji fakta-fakta sejarah mengenai perjuangan Raja Hamidah. Kajian tersebut selanjutnya akan dibahas dalam tiga kali seminar.

Abdul Malik mengemukakan bahwa Engku Putri Raja Hamidah layak ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

"Saya pikir fakta-fakta sejarah sudah sangat kuat bahwa peran Raja Hamidah sangat besar dalam menjaga Regalia, simbol kedaulatan Kerajaan Riau-Lingga-Pahang, dan adat Melayu. Belanda ingin menundukkan kerajaan itu dengan merebut Regalia dari Raja Hamidah, namun gagal," katanya.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE