ANRI sebut arsip Semen Padang berpeluang jadi memori kolektif bangsa

id semen padang, anri, arsip semen padang

ANRI sebut arsip Semen Padang berpeluang jadi memori kolektif bangsa

Wakil Ketua Dewan Pakar MKB ANRI, M, Taufik, saat koordinasi dengan manajemen PT Semen Padang di Ruang Rapat Lantai III Kantor Pusat PT Semen Padang. (ANTARA/ HO-Semen Padang)

Batam (ANTARA) - Arsiparis Utama Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), M Taufik menyampaikan bahwa arsip PT Semen Padang berpeluang untuk ditetapkan sebagai Memori Kolektif Bangsa (MKB), mengingat perusahaan itu telah menerapkan sistem manajemen kearsipan yang terakreditasi A dari ANRI.

"Insya Allah ada peluang (arsip Semen Padang) untuk dijadikan MKB. Karena, semuanya sangat komit dengan kearsipan. Jadi, tidak ada alasan Arsip Semen Padang untuk tidak ditetapkan atau diregister menjadi MKB," kata M Taufik usai memverifikasi dan koordinasi penominasian Arsip PT Semen Padang sebagai MKB, Jumat (5/5) sebagaimana keterangan yang diterima di Batam, Sabtu.

M Taufik yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pakar MKB mengatakan, apabila terdapat kekurangan dari verifikasi yang dilakukan pihaknya pada arsip PT Semen Padang, maka itu hanya hal-hal yang perlu dilengkapi dan menjadi persyaratan tambahan saja. 

"Kurang lebih begitu," ujarnya. 

Baca juga: KKP dan PT Semen Padang kolaborasi dalam program menabung sampah

Selain M Taufik, verifikasi juga melibatkan Pustakawan Ahli Utama, Sri Sumekar, serta Arsiparis Ahli Madya, Muhammad Haris Budiawan, dan Arsiparis Ahli Pertama, Bening Tri Hanggoro. 

Verifikasi dimulai dengan mengunjungi Kantor Arsip PT Semen Padang.

Dalam verifikasi tersebut, Dewan Pakar MKB memverifikasi sekitar 36 berkas Arsip PT Semen Padang dari tahun 1907-1972. Masing-masing berkas terdiri 10-20 lembar yang berisikan tentang perencanaan pembangunan pabrik dari 1907 sampai mulai dibangun pada tahun 1910, hingga berkas arsip tahun 1972.

Lebih lanjut M Taufik menyampaikan bahwa kedatangannya ke PT Semen Padang selain untuk memverifikasi MKB terhadap arsip masa lalu, masa kini dan masa depan yang diregistrasi melalui program MKB, pihaknya juga mendukung bahwa PT Semen Padang adalah suatu kebanggaan nasional.

Baca juga: Semen Padang terima penghargaan dari KKP

Karenanya, penguatan-penguatan dari pendekatan kearsipan di PT Semen Padang harus terus dilakukan, sehingga ketika arsip dijadikan sebagai tata kelola dan akuntabilitas dari kinerja PT Semen Padang, maka dapat tergambar sebagai sebuah informasi perjalanan perusahaan itu dari sebuah perkembangan zaman yang harus dijaga bersama.

Sementara itu, Direktur Keuangan & Umum PT Semen Padang, Oktoweri menyampaikan bahwa pihaknya sengaja mengajukan arsipnya untuk dijadikan MKB, karena PT Semen Padang merupakan industri semen pertama di Asia Tenggara.

"Kami berharap hasil verifikasi ini dapat memberi semangat buat kami sebagai industri semen yang diakui paling senior atau sebagai founder dari budaya beton di Asia Tenggara. Semoga, verifikasi ini dapat menjawab keinginan kami," kata Oktoweri.

Baca juga: UPZ Baznas Semen Padang salurkan paket Lebaran untuk dhuafa

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE