Pengusaha Singapura berminat investasi pembangunan IKN

id investor IKN

Pengusaha Singapura berminat investasi pembangunan IKN

Di deret belakang: Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Dubes RI untuk Singapura Suryo Pratomo, dan Dubes Singapura untuk Indonesia Kwook Fook Seng bersama para pengusaha Singapura di Titik Nol IKN, Rabu 31/5/2023. ANTARA/Novi Abdi

Balikpapan (ANTARA) - Sejumlah pengusaha Singapura berminat menjalin kerja sama dan berinvestasi dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada sejumlah bidang, antara lain, energi hijaukendaraan listrik, transportasi publik, ruang terbuka hijau, sekolah, dan rumah sakit.

"Oleh karena itu, Presiden akan ke Singapura untuk berbicara di forum pengusaha di sana pada tanggal 7 Juni mendatang," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan di IKN Nusantara, Kalimantan Timur, Rabu (31/5).

Luhut sendiri akan berbicara di dua forum khusus untuk memaparkan dan menjawab pertanyaan tentang berinvestasi di Indonesia, khususnya di IKN.

Pada saat yang sama untuk mengakomodasi minat-minat investasi tersebut, Pemerintah mempercepat penyelesaian persoalan tanah di IKN.

Menurut Menteri Luhut, Otorita IKN bekerja sama dengan Kapolda Kaltim dan Panglima Kodam VI Mulawarman, di samping dengan BPN untuk memastikan agar tanah dan statusnya ini tidak menjadi penghalang investasi.

"Kami bekerja bersama-sama, saling berkoordinasi, dan pada tanggal 17 Juli ini persoalan tanah sudah harus selesai," kata Luhut.

Sebanyak 130 pengusaha Singapura berkunjung ke IKN Nusantara di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (31/5). Mereka melihat langsung kemajuan pembangunan ibu kota negara tersebut.

Kunjungan dimulai dari Titik Nol, kemudian melihat dari Sumbu Kebangsaan pembangunan Istana Kepresidenan, dan berakhir di hunian pekerja, tempat berbagai fasilitas dasar seperti kamar-kamar akomodasi, kantin makan, dan masjid.

Kepada rombongan tersebut, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menjelaskan konsep IKN sebagai kota rimba, kota cerdas, dan kota yang berkelanjutan.

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pengusaha Singapura berminat berinvestasi dalam pembangunan IKN

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE