Cristiano Ronaldo masuk Guinness Book of Records

id Cristiano Ronaldo,timnas Portugal,sepak bola internasional,Guinness Book of Records

Cristiano Ronaldo masuk Guinness Book of Records

Cristiano Ronaldo (tengah) mendapatkan sertifikan dari Guinness Book of World Records setelah memainkan 200 pertandingan untuk timnas Portugal sebelum laga kualifikasi Euro 2024 melawan Islandia di Reykjavik pada 21 Juni 2023. ANTARA/AFP/Halldor KOLBEINS

Jakarta (ANTARA) - Pesepak bola Cristiano Ronaldo masuk dalam Guinness Book of World Records sebagai pemain dengan penampilan internasional terbanyak. 

Ronaldo mencatatkan penampilan ke-200 bersama Portugal saat menang 1-0 atas Islandia pada laga kualifikasi Piala Eropa 2024 di Laugardalsvollur pada Rabu (21/6) dini hari WIB.

Piagam penghargaan dari Guinness Book of Record itu diberikan kepada Ronaldo sebelum sepak mula. Kapten timnas Portugal tersebut memecahkan rekor selama 19 tahun 304 hari sejak debut bersama negaranya.

Tidak hanya itu, Ronaldo juga mencetak gol kemenangan bagi Portugal di pertandingan tersebut jelang waktu normal habis.

"Saya sangat bahagia, ini satu momen yang Anda tidak menyangka untuk meraih 200 penampilan. Bagi saya ini pencapaian yang sulit dipercaya," kata Ronaldo dalam wawancara bersama UEFA TV usai pertandingan yang dikutip AFP.

"Untuk berada di dalam Guinness Book of World Records itu luar biasa, tentu saja bisa mencetak gol membuatnya menjadi lebih spesial," tambahnya.

"Saya berterima kasih kepada Islandia, masyarakat, fan yang berada di stadion atas penghargaan yang dibuat untuk saya. Juga untuk Timnas Portugal, federasi. Saya amat bahagia, ini hari yang spesial dan saya mengucapkan terima kasih untuk semuanya."

Selain jumlah penampilannya yang fantastis, Ronaldo kini sudah mencatatkan 123 gol bersama Portugal. Penyerang Al Nassr itu telah mempersembahkan trofi Piala Eropa 2016 dan UEFA Nations League untuk negaranya.

Dalam berita sebelumnya, Cristiano Ronaldo mengatakan ia masih ingin membela tim nasional Portugal di berbagai turnamen internasional, menyusul keikutsertaannya di kualifikasi Euro 2024 melawan Islandia.

"Saya tidak akan pernah menyerah untuk datang ke sini (timnas Portugal), karena hal ini selalu menjadi mimpi untuk saya," kata Ronaldo, dikutip dari AFP, Selasa (20/6).

Pemain berusia 38 tahun itu menambahkan, ini merupakan penampilannya yang ke-200 untuk Portugal di pertandingan internasional, dan menunjukkan betapa besarnya cintanya untuk negara.

"Mencapai 200 pertandingan internasional bukan untuk sembarang orang, itu menunjukkan cinta yang saya miliki untuk negara dan tim saya," ujar Ronaldo.

Ronaldo telah mencetak empat gol dalam tiga pertandingan sejak Roberto Martinez mengambil alih sebagai pelatih Portugal awal tahun ini, tapi gagal mencetak gol dalam kemenangan 3-0 pekan lalu atas Bosnia dan Herzegovina.

"Akan sangat spektakuler untuk memahkotai pertandingan internasional ke-200 saya dengan sebuah gol," tambah Ronaldo, pencetak gol internasional terbanyak sepanjang masa dengan 122 gol itu.

"Saya tidak mengejar rekor. Tapi saya senang karena itu bagian dari motivasi saya untuk terus berada di level tertinggi bersama tim. Itu adalah sesuatu yang saya tidak pernah berpikir akan saya capai," imbuhnya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Catatkan penampilan ke-200, Ronaldo masuk Guinness Book of Records

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE