Pemerintah salurkan bantuan senilai Rp370 juta untuk korban Gempa Bantul

id gempa bantul, kemensos, bantuan korban gempa

Pemerintah salurkan bantuan senilai Rp370 juta untuk korban Gempa Bantul

Penyerahan bantuan logistik kepada warga terdampak gempa magnitudo 6,4 di Krajan Kiful RT.002 RW.005 Kelurahan Ploso, Kecamatan Pacitan, Jawa Timur, Sabtu (1/7/2023). (ANTARA/HO-Kemensos)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial menyalurkan bantuan senilai Rp370.246.620 untuk penanganan korban gempa yang berpusat di  Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Melalui Command Centre Kemensos RI dan WAG, Ibu Menteri telah memerintahkan seluruh petugas sentra/balai, Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan unsur pendamping Kemensos lainnya yang terdekat dengan wilayah terdampak gempa, seperti Solo, Yogyakarta, Magelang, Baturaden, Temanggung, dan Pati, untuk menyisir seluruh lokasi terdampak dan melakukan tindakan bantuan penanganan darurat kepada warga terdampak," kata Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kemensos Romal Uli Jaya Sinaga di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan bantuan meliputi pendirian tenda serba guna untuk pengungsian di Pedukuhan Kuwon Kidul, Gunung Kidul.

Penyaluran bantuan logistik Kemensos meliputi sejumlah kabupaten terdampak, seperti Kabupaten Pacitan (Jawa Timur), Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Bantul (DIY), dan Kabupaten Kebumen (Jawa Tengah).

Bantuan logistik yang diberikan berupa makanan anak, makanan dan lauk pauk siap saji, peralatan tidur, pakaian anak dan pakaian dewasa, alat dapur, tenda gulung, tenda serbaguna, dan tenda keluarga portabel.

"Bantuannya didistribusikan melalui Balai Soeharso Solo," ujar Romal.

Sementara itu, BMKG mencatat hingga Sabtu pukul 18.00 WIB sebanyak 48 kali getaran susulan terjadi setelah gempa dengan magnitudo 6,0 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Jumat (30/6) pukul 19.57 WIB.

"Terjadi 48 gempa susulan hingga pukul 18.00 WIB, interval gempa sudah meluruh," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono.

Menurut pantauan BMKG, magnitudo gempa bumi susulan paling besar 4,2.

BMKG mengimbau warga menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa serta memeriksa bangunan tempat tinggal untuk memastikan tidak ada kerusakan yang dapat membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

Gempa bumi dengan magnitudo 6,0 yang terjadi pada Jumat (30/6) pukul 19.57 WIB pusatnya berada di laut pada kedalaman 67 km di koordinat 8,63° Lintang Selatan dan 110,08° Bujur Timur, 81 km arah selatan Kota Wates, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemensos salurkan bantuan senilai Rp370 juta untuk korban gempa Bantul

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE