Kemenkes imbau masyararakat waspadai perlemakan hati, dapat sebabkan sirosis dan lever

id Perlemakan hati,Sirosis hati,Kanker hati,Fatty liver,Hepatitis,Kemenkes,dr Ningz,lever

Kemenkes imbau masyararakat waspadai perlemakan hati, dapat sebabkan sirosis dan lever

Tangkapan layar Staf Teknis Komunikasi Transformasi Kesehatan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dr R.A. Adaninggar Primadia Nariswari Sp.PD dalam acara gelar wicara terkait perlemakan hati yang diikuti secara daring di Jakarta, Rabu (20/9/2023). (ANTARA/Instagram-Kemenkes)

Jakarta (ANTARA) - Staf Teknis Komunikasi Transformasi Kesehatan Kemenkes R.A. Adaninggar Primadia Nariswari mengimbau masyarakat mewaspadai perlemakan hati, karena dapat menyebabkan sirosis dan kanker hati atau ever.

"Perlemakan hati merupakan fase awal sirosis dan kanker hati yang diakibatkan oleh lemak yang menumpuk di lever," kata dia dalam gelar wicara yang diikuti secara daring di Jakarta, Rabu.
 
Ia mengatakan hati berfungsi sebagai satu organ tubuh yang dapat menyimpan cadangan lemak. Namun jika menumpuk, maka akan menciptakan peradangan pada hati.
 
Dia menyebutkan peradangan dapat menyebabkan hati menjadi terluka, yang dalam jumlah banyak akan menyebabkan jaringan pada hati mengerut dan mengecil.
 
"Itu yang dinamakan sirosis hati. Kalau dibiarkan, sel luka ini bisa memicu mutasi DNA sel menjadi kanker," kata dia.
 
Ningz mengatakan sirosis dan kanker hati dapat menyebabkan kualitas hidup seseorang menurun, lantaran hati merupakan organ penting dalam tubuh.
 
Hati berfungsi sebagai organ detoksifikasi dari zat yang tidak baik, yang bersumber dari makanan, obat, dan lain sebagainya.
 
Umumnya, kata Ningz, perlemakan hati dialami peminum alkohol, namun seiring berkembangnya zaman, orang dengan obesitas juga memiliki risiko.
 
 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenkes: Perlemakan hati dapat sebabkan sirosis dan kanker hati

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE