Syarikat Islam minta penyelesaian Rempang untuk utamakan dialog

id Rempang,Konflik rempang,Syarikat islam,Jokowi

Syarikat Islam minta penyelesaian Rempang untuk utamakan dialog

Arsip - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva bergegas menuju Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (3/12). (ANTARA FOTO/Andika Wahyu/ama/14.)

Jakarta (ANTARA) -
Organisasi Syarikat Islam (SI) meminta penyelesaian masalah di Pulau Rempang, Kepulauan Riau, mengutamakan dialog antara pihak yang bersinggungan.
 
"Mengedepankan dialog, langkah persuasif dan musyawarah dalam menyelesaikan setiap masalah dan dampak pembangunan investasi, menjauhi tindakan represif dan kekerasan," ujar Presiden SI Hamdan Zoelva dalam keterangannya di Jakarta, Senin.
 
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu mengatakan pembangunan yang diselenggarakan pemerintah dalam rangka menciptakan kesejahteraan rakyat dan kemajuan bangsa adalah sesuatu yang baik.
 
Namun, proses pembangunannya tidak mengabaikan hak-hak dan martabat rakyat dan nilai-nilai keadaban berdasarkan Pancasila. Untuk itu, menjadi kewajiban pula bagi masyarakat untuk memberikan dukungan, kerja sama, dan gotong royong untuk mencapai tujuan tersebut.
 
Ia berpandangan pembangunan melalui investasi baik investasi yang dilakukan oleh pemerintah maupun swasta adalah salah satu ikhtiar untuk mencapai kesejahteraan rakyat.

Baca juga:
Polda Kepri: Sebanyak 35 tersangka ricuh pada kasus Rempang belum dapat penangguhan

BP Batam: Warga Rempang lebih memilih tinggal di ruko ketimbang di rusun


Tetapi, kegiatan investasi tidak boleh mengabaikan nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab, hak-hak asasi manusia, hak-hak warga negara, kedaulatan hukum, keutuhan dan kerukunan sosial serta persatuan Indonesia.
 
"Kegiatan yang bertentangan dengan prinsip-prinsip tersebut haruslah dihindari, karena akan mencederai nilai-nilai kemerdekaan dan kemanusiaan," kata dia.
 
Sebagai organisasi, kata dia, SI memberikan dukungan atas maksud baik pemerintah melaksanakan pembangunan untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa.

Baca juga:
Presiden minta penyelesaian Rempang dikedepankan demi kepentingan masyarakat

udi instruksikan petugas tidak memaksa warga Rempang pindah

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Syarikat Islam minta penyelesaian Rempang utamakan dialog

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE