Bawaslu Natuna gelar bimbingan teknis untuk pengawas TPS

id Bimtek Pemilu 2024

Bawaslu Natuna gelar bimbingan teknis untuk pengawas TPS

Ketua Bawaslu Kabupaten Natuna Siswandi saat memberikan sambutan pada kegiatan Bimtek di salah satu penginapan di Kecamatan Bunguran Timur Pada Selasa (6/2/2024). ANTARA/Muhamad Nurman.

Natuna (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau menggelar bimbingan teknis (Bimtek) untuk pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) di daerah itu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Natuna Siwandi di Natuna, Selasa mengatakan, tujuan kegiatan untuk meningkatkan pemahaman dan mengasah kemampuan aparatur pengawas pemilu dalam melakukan pengawasan serta menyamakan persepsi jajaran panitia pengawas pemilu terkait tugas, wewenang dan kewajiban mereka.

"Kemarin kita sudah melakukan bimtek untuk panwascam, PKD dan hari ini kita kumpulkan semua, ada panwascam, PKD dan juga PTPS, agar teman-teman pada saat melakukan pengawasan nanti tidak bingung," ucap dia.

Kata dia, kegiatan dilaksanakan selama satu hari yakni Selasa (6/2) di salah satu penginapan di Kecamatan Bunguran Timur.

Ia menjelaskan, materi yang diberikan berupa teknis pengawasan pemilu baik itu pungut hitung dan rekapitulasi suara. Adapun pemateri pada kegiatan tersebut yakni pihaknya, Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau dan KPU Kabupaten Natuna.

"Pesertanya sekitar 385 orang sudah termasuk yang mengikuti secara daring," ujar dia.

Ia mengingatkan kepada para peserta untuk mengikuti kegiatan dengan serius dengan menyimak semua materi yang dipaparkan oleh narasumber dan memanfaatkan kegiatan dengan bertanya terkait teknis pengawasan pemilu.

Ia juga mengingatkan kepada jajarannya untuk mempersiapkan diri dengan terus menambah pengetahuan tentang kepemiluan atau teknis pemilu pasalnya Pemilu 2024 tinggal menghitung hari.

"Manfaatkan dengan baik, agar ketika menemukan masalah di lapangan atau saat bekerja petugas bisa menyelesaikannya," kata dia.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE