Banjir masih rendam beberapa daerah di Jakarta pada Ahad pagi

id banjir jakarta,genangan,lokasi banjir

Banjir masih rendam beberapa daerah di Jakarta pada Ahad pagi

Tangkapan layar - Banjir di Jakarta Barat, Sabtu (6/7/2 024). ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Jakarta (ANTARA) - Banjir masih merendam sedikitnya empat RT di Jakarta Barat dengan ketinggian air sekitar 30-60 sentimeter (cm) pada Ahad pagi.

"Banjir saat ini masih terjadi di empat RT atau 0,013 persen dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam pesan tertulis yang diterima di Jakarta, Ahad.

Isnawa mengatakan hujan lebat yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya pada Sabtu (6/7) menyebabkan adanya genangan dan kenaikan status pintu air.

Dari empat RT yang terdampak banjir, tiga RT berada di Kelurahan Kedaung Kali Angke dengan ketinggian 30 cm yang disebabkan curah hujan tinggi dan luapan Kali Angke.

Sementara itu, satu RT lainnya yang masih banjir terletak di Kelurahan Rawa Buaya dengan ketinggian 60 cm dengan penyebab serupa.

Kendati demikian, setidaknya 18 RT di Jakarta Utara, Barat, Selatan dan Timur sudah surut dan dapat dilewati oleh pengguna jalan.

Hujan yang melanda wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Sabtu (6/7) menyebabkan kenaikan debit air sungai di sejumlah pintu air.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun mengeluarkan peringatan dini banjir pesisir (rob) pada 3-9 Juli akibat fenomena fase bulan baru pada 6 Juli 2024.

Fenomena tersebut berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum berupa rob di wilayah pesisir utara Jakarta.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Minggu pagi, banjir masih rendam empat RT di Jakarta Barat

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE