KM Bukit Raya kembali beroperasi 12 Juli 2024

id KM Bukit Raya

KM Bukit Raya kembali beroperasi 12 Juli 2024

Kepala Pelni Cabang Tanjungpinang Putra Kencana. (ANTARA/Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - PT Pelni Cabang Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyampaikan KM Bukit Raya kembali beroperasi melayani penumpang antarpulau mulai 12 Juli 2024 setelah menyelesaikan proses docking (pengedokan) sejak awal Mei 2024.

Kepala Pelni Cabang Tanjungpinang Putra Kencana menyatakan kapal tersebut juga sudah menjalani uji sea trial atau kelayakan berlayar pada tanggal 3 Juli 2024.

"Uji coba kelayakan belayar berjalan aman dan lancar, sehingga kondisi KM Bukit Raya sudah siap beroperasi mengangkut penumpang," kata Putra Kencana di Tanjungpinang, Selasa.

Ia menyebut KM Bukit Raya naik docking di Jakarta, usai mengalami insiden kebakaran di Pontianak pada Kamis 25 April 2024.

Selama proses docking, kata dia, rute yang biasa dilayari KM Bukit Raya, termasuk antarpulau di wilayah Kepri menjadi terhambat karena tak ada kapal pengganti.

"Kami mohon dimaklumi atas terhambatnya pelayaran KM Bukit Raya sekitar dua bulan terakhir, khususnya rute antarpulau di Kepri," ujar dia.

Lanjutnya menyampaikan bahwa Pelni Cabang Tanjungpinang sudah membuka loket penjualan tiket keberangkatan KM Bukit Raya untuk tanggal 12 Juli 2024.

Total ada 942 tiket yang dijual sesuai kapasitas normal seat atau kursi KM Bukit Raya, namun jika jumlah penumpang melebihi kapasitas kursi, maka Pelni Cabang Tanjungpinang akan berkoordinasi dengan Pelni Pusat terkait usulan penambahan kursi penumpang.

Putra turut mengimbau masyarakat tidak membeli tiket melalui calo, melainkan dapat dipesan melalui aplikasi Pelni Mobile karena di aplikasi itu sudah tertera jadwal keberangkatan, rute hingga harga tiket kapal. Namun demikian, pihaknya masih tetap melayani calon penumpang secara manual di loket kantor Pelni Cabang Tanjungpinang.

Selain itu, ia turut mengingatkan calon penumpang tidak memaksakan diri untuk berangkat apabila kapasitas kapal sudah penuh, termasuk mematuhi ketentuan terkait barang bawaan yang berlaku. 

"Pelni juga tidak menjual tiket melalui Facebook, dan harap membeli tiket sejak jauh-jauh hari," ujar Putra.

Ia menambahkan KM Bukit Raya melayani rute Tanjung Priok (Jakarta), Belinyu, Kijang (Bintan), Letung, Tarempa (Anambas), Natuna, Midai, Serasan, Pontianak, dan Surabaya.

Kapal tersebut memang menjadi andalan masyarakat Kepri, terutama yang tinggal di pulau-pulau terluar seperti Anambas dan Natuna.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE