OJK Kepri dorong literasi keuangan untuk anak muda Kota Batam

id kepri,batam,ojk kepri,literasi keuangan,Indonesia Emas 2045,Otoritas Jasa Keuangan ,Seminar Literasi KeuanganSeminar Literasi Keuangan,Politeknik Nege

OJK Kepri dorong literasi keuangan untuk anak muda Kota Batam

Seminar Peningkatan Literasi Keuangan Generasi Muda yang diselenggarakan oleh OJK Kepulauan Riau, di Politeknik Negeri Batam. ANTARA/HO-OJK Kepri

Batam (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kepulauan Riau (Kepri) terus mendorong literasi keuangan khususnya bagi generasi muda, agar dapat merencanakan masa depan dan terhindar dari berbagai modus penipuan dan aktivitas ilegal.

Kepala OJK Provinsi Kepri Sinar Danandjaya berpesan mengenai pentingnya merencanakan keuangan sejak muda.

“Pengetahuan dan kemampuan dalam mengelola keuangan merupakan keterampilan esensial yang harus dimiliki oleh kita semua, apa pun background pendidikannya,” kata Sinar dalam rilis pers yang diterima di Batam, Kamis.

Menurutnya, literasi keuangan adalah bentuk utama perlindungan konsumen, agar masyarakat terhindar dari investasi bodong dan penawaran imbal hasil fixed return yang tidak logis.

Seminar Literasi Keuangan tersebut dihadiri lebih dari 500 mahasiswa baru Politeknik Negeri Batam dan akan menjadi bagian integral dari acara inagurasi mahasiswa baru.

Program bertujuan untuk membangun pemahaman tentang produk keuangan, termasuk investasi, sangat penting untuk mengoptimalkan hasil dan menghindari penipuan.

“Sebelum berinvestasi, pahami produk dan izin pihak yang menawarkannya. Gunakan dana di luar kebutuhan pokok dan jangan menggunakan pinjaman, apalagi pinjaman online ilegal,” katanya.

Seminar ini juga mendorong inklusi keuangan mahasiswa dengan program tabungan SiMuda yang dilengkapi fitur asuransi atau investasi.

Sinar menutup acara dengan mendorong mahasiswa untuk terus memiliki semangat belajar dalam mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

“Teruslah semangat untuk belajar, karena dengan belajar Anda dapat menyiapkan masa depan lebih baik dari sekarang, serta Anda menjadi lebih baik dari generasi sebelumnya dan tentunya harus lebih baik lagi karena Indonesia Emas 2045 adalah milik Anda,” katanya pula.

Seminar Peningkatan Literasi Keuangan Generasi Muda dipimpin oleh OJK Kepri dan didukung PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Galeri Investasi Politeknik Negeri Batam, PT Phillip Sekuritas Indonesia dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Baca juga: OJK Kepri, Satgas PASTI lindungi warga dari praktik keuangan ilegal

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: OJK Kepri dorong literasi keuangan bagi anak muda Batam

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE