Disnaker Batam bekali pegawai dari 15 perusahaan dengan bahasa isyarat

id kepri batam,disnaker batam,penyandang disabilitas,pelatihan produktivitas,kepri, batam, dinas ketenagakerjaan

Disnaker Batam bekali pegawai dari 15 perusahaan dengan bahasa isyarat

Para peserta pelatihan SIBI, instruktur pelatihan, dan pihak Dinas Tenaga Kerja Kota Batam. ANTARA/Amandine Nadja

Batam (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam membekali pegawai bidang sumber daya manusia (SDM) dari 15 perusahaan dengan pelatihan Sistem Bahasa Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) agar dapat melakukan rekrutmen penyandang disabilitas.

“Hari ini kami akhiri pelatihan SIBI untuk 15 orang perwakilan perusahaan. Dengan ini mereka sudah dibekali ilmu untuk memberikan arahan sederhana dan agar dapat berkomunikasi dengan pegawai penyandang disabilitas dengan lebih baik,” kata Kepala Bidang Pembinaan, Pelatihan dan Produktivitas Disnaker Kota Batam Mohzaini di Batam, Senin.

Penutupan pelatihan bahasa isyarat dimulai dengan sejumlah peserta melakukan simulasi pembicaraan dengan menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi secara singkat.

Guru Sekolah Luar Biasa Batam sekaligus instruktur pelatihan, Sulastri, menjelaskan bahwa pelatihan ini dilakukan dengan metode interaktif selama 15 hari.

"Peserta sangat antusias karena kami menggunakan metode pembelajaran yang interaktif dengan bernyanyi, membuat pantun, dan lain lain," ujarnya.

Sulastri juga menekankan pentingnya perusahaan untuk tidak memandang sebelah mata kemampuan penyandang disabilitas.

"Mereka memiliki keterampilan yang sesuai dengan kemampuan mereka, dan mereka juga berhak bekerja di usia produktif seperti orang lain," tambahnya.

Perusahaan-perusahaan yang dilibatkan merupakan yang sudah memiliki pegawai penyandang disabilitas serta yang ingin mulai merekrut.

Salah satu peserta pelatihan, Sabar, mengapresiasi kegiatan pelatihan tersebut dan berjanji untuk terus menyosialisasikan pembelajaran yang sudah didapatkan.

“Kami akan terus mengamalkan ilmu yang telah kami pelajari di tempat kerja. Pelatihan ini tidak hanya membantu kami belajar bahasa isyarat, tetapi juga mengajarkan kami tentang bagaimana memanusiakan manusia," tutupnya.

Baca juga:
Disnaker Batam buka pelatihan khusus untuk penyandang disabilitas

Disnaker Kota Batam gelar pelatihan SIBI dukung inklusi disabilitas


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Disnaker Batam bekali SDM dari 15 perusahaan dengan bahasa isyarat

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE