11 desa di Karimun segera dialiri listrik

id PLN Tanjungpinang,listrik desa karimun,bupati karimun aunur rafiq

11 desa di Karimun segera dialiri listrik

ki-ka: Sekda Karimun Muhammad Firmansyah, Bupati Karimun Aunur Rafiq, GM PT PLN Area Tanjungpinang Fauzan dan Manajer PT PLN Karimun Chrisman Ariando berjabat tangan usai penandatanganan MoU, Rabu (7/2). (Antaranews Kepri/Rusdianto)

Hampir seluruh desa di Karimun telah berhasil kita listriki, tinggal 11 desa yang menjadi PR PLN, dalam tahun 2018 ini kita tuntaskan
Karimun (Antaranews Kepri) - General Manager PT PLN (Persero) Area Tanjungpinang, Fauzan mengatakan sebanyak 11 desa pesisir di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau segera menikmati aliran listrik.

"Hampir seluruh desa di Karimun telah berhasil kita listriki, tinggal 11 desa yang menjadi PR PLN, dalam tahun 2018 ini kita tuntaskan," kata Fauzan dalam kunjungannya ke Tanjung Balai Karimun, Kamis.

Fauzan mengatakan, kapasitas daya mesin pembangkit yang dibutuhkan di desa-desa relatif kecil, berkisar 500 atau 600 kilowatt untuk setiap desa.

"Itu menjadi prioritas kita, karena ini berkaitan dengan program pemerintah agar desa-desa diterangi listrik semua," kata dia.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, pemerintah daerah telah mengusulkan sejumlah lokasi agar dialiri listrik.

Penerangan listrik di sebagian desa telah dibantu oleh Kementerian Energi Sumber Daya Mineral dalam bentuk pembangkit listrik tenaga surya.

Menurut dia, masih ada 20 desa yang belum teraliri listrik, 11 di antaranya telah difasilitasi PT PLN, yakni Desa Nyiur, Desa Rawa Jaya, Desa Tanjung Semongkol, Desa Selat Binga, Desa Buluh Patah, Desa Selat Mi, Desa Sanglar, Desa Semembang, Desa Pulau Jaga, Desa Kampung Kang, Desa Pulau Sandam, Desa Kampung Bawah Batang, Desa Pulau Seraya, dan Desa Pulau Panjang

"Inilah yang kami ajukan, namun tidak harus diakomodir sekarang, paling tidak Bapak selesaikan yang 11 desa tersebut, dan sisanya pada 2019. Tapi kalau bisa sekarang diakomodir lebih cepat lebih bagus," katanya.

Bupati juga merencanakan mengusulkan pemasangan kabel listrik bawah tanah yang membentang di sepanjang jalan dan wilayah Karimun.

Hal ini kata Rafiq untuk memperindah penataan kota baru yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Yang menjadi tanggung jawab kami, yang menjadi tanggung jawab PLN kita coba `sharing` bersama-sama, sehingga kota nanti akan semakin indah," katanya. 

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE