BUMN Hadir: Peserta SMN bangun kekompakan tim lewat outbond

id BUMN hadir, smn, outbond,kodim 0315 bintan

Peserta SMN dari NTB saat mengikuti kegiatan outbond di Makodim 0315 Bintan, Senin (11/9) (Nurjali) (Nurjali/)

Dalam tim tadi juga ada anak-anak disabilitas, mereka terbukti mampu saling berkomunikasi dengan sesama rekannya yang normal

Tanjungpinang (Antaranews Kepri) - Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Nusa Tenggara Barat (NTB) dilatih menjalin kekompakan tim melalui kegiatan outbond, yang dipandu oleh Kodim 0315/Bintan di Markas Kodim 0315/Bintan Kota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau.



 



"Outbond dapat melatih pola fikir, membentuk kekompakan tim, melatih kecerdasan emosional dan spiritual dalam berinteraksi," kata salah satu koordinator tim pelatih Kapten Suhirman kepada Antara, Senin.



 



Kegiatan ini juga bermanfaat untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan diri para peserta SMN, mereka juga akan dapat saling menghargai pendapat orang lain dan menghargai perbedaan serta membangkitkan semangat dan motivasi untuk terus beraktifitas. Selama lebih kurang tiga jam para peserta SMN ini mendapatkan berbagai permainan outbond.



 



Dengan adanya kegiatan tersebut juga diharapkan, dapat menjadi bekal bagi peserta SMN setelah kembali ke kampung halamannya masing-masing. Sehingga apa yang didapat nantinya akan menjadi bekal untuk diterapkan dalam kehidupannya bermasyarakat, dengan menjadi contoh karakter untuk lingkungan sekitarnya nanti.



 



"Dalam tim tadi juga ada anak-anak disabilitas, mereka terbukti mampu saling berkomunikasi dengan sesama rekannya yang normal," sebutnya.



 



Ada beberapa kegiatan outbond yang dilakukan oleh para peserta, diantaranya memasukan hulahup secara berantai dengan memanfaatkan kekompakan tim. Peserta juga diajak untuk memindahkan tongkat estafet, secara berantai, kemudian ada juga permainan membawa air dengan kain secara berkelompok dan membawa bola dengan tali dengan memanfaatkan keseimbangan dan kekompakan tim. 



 



Outbond adalah suatu bentuk dari pembelajaran segala ilmu terapan yang disimulasikan dan dilakukan di alam terbuka atau tertutup dengan bentuk permainan yang efektif, yang menggabungkan antara intelegensia, fisik dan mental. Konsep outbond yang dibuat oleh Korem 0315/Bintan tersebut, hanya menggunakan peralatan-peralatan yang sederhana namun dapat memberikan kesan tersendiri bagi para peserta outbond tersebut. 



 



Para peserta SMN NTB yang melakukan kegiatan di Kepri dibawa oleh Pelindo  III, dan  kegiatan BUMN Hadir di Kepri merupakan sinergi dari tiga BUMN yakni Pelindo I,  Perum LKBN Antara dan Persero Batam. (Antara)

Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar