Kabut asap, anak sekolah di Batam dihimbau kenakan masker

id kabut asap batam,kabut asap, kebakaran hutan batam,anak sekolah kenakan masker

Kabut asap, anak sekolah di Batam dihimbau kenakan masker

Kabut asap di Kota Batam Kepulauan Riau, Rabu. (naim)

Batam (ANTARA) - Kabut asap yang menyelimuti Kota Batam beberapa hari terakhir membuat Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau menginstruksikan supaya anak-anak sekolah mengenakan masker agar terhindar dari paparan kabut asap.

"Agar anak sekolah memakai masker, antisipasi untuk menjaga kesehatan," kata Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad di Batam, Rabu.

Ia mengatakan masker akan dibagikan oleh pemerintah. Namun teknisnya masih akan dibicarakan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan, apakah hanya dibagikan di sekolah negeri atau seluruh sekolah.

Amsakar mengatakan pemerintah belum akan mengambil kebijakan meliburkan anak sekolah, agar tidak ketinggalan pelajaran.

"Sayang kalau harus libur, kecuali betul-betul berdampak pada kesehatan," kata dia.

Ia meminta Dinas Kesehatan jeli dan teliti dalam membuat kebijakan, jangan sampai merugikan dunia pendidikan dan kesehatan anak.

Meski belum diliburkan, namun, pemerintah akan membatasi kegiatan luar ruangan anak sekolah, seperti olahraga dan pramuka.

"Kegiatan luar ruangan dibatasi," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Hendri Arulan mengeluarkan edaran kepada sekolah untuk membekali anak sekolah dengan masker.

"Mohon masing-masing Kepala Sekolah mengimbau kepada orang tua siswa untuk membekali anak-anak kita dengan masker untuk melindungi diri dalam aktivitas pergi dan pulang sekolah serta dlm mengikuti pembelajaran termasuk aktifitas keseharian dirumah," kata dia.

Kebijakan itu agar anak tidak terkena penyakit akibat kabut asap.

Indeks Standar Pencemaran Udara yang dipantau pemerintah kota setempat mencapai 170-an, atau kategori tidak sehat.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar