Batam (ANTARA Kepri) - Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Provinsi Kepulauan Riau mencari calon anggota legislatif dari luar kader untuk Pemilu Legislatif 2014.

"PKS memberi peluang untuk calon anggota legislatif dari eksternal partai, non kader," kata Humas DPW PKS Kepri Prijanto di Batam.

Ia mengatakan PKS mencari tokoh masyarakat yang sesuai dengan visi dan misi partai itu.

Saat ini, PKS menampung masukan dari masyarakat nama-nama tokoh yang dianggap layak menjadi caleg dari partai berlambang Ka'bah.

"Kami masih menampung masukan dari berbagai kalangan, tokoh mana yang relevan," kata dia.

Ditanya persentase caleg dari kader dan non kader, ia mengatakan belum dibahas oleh DPW. Menurut dia, DPP memberikan keleluasaan kepada masing-masing DPW dan DPD untuk menyusun nama-nama tokoh di luar partai yang pantas mewakili PKS.

"Kami belum membahas teknis itu. Yang pasti sudah ada instruksi DPP tentang perlu mengakomodir caleg eksternal, mengenai jumlahnya diserahkan ke masing-masing daerah, karena karakternya berbeda-beda," kata dia.

Sementara untuk caleg dari internal partai, ia mengatakan sudah selesai disusun. Nama-namanya pun sudah disepakati.

PKS, kata dia, memiliki dua skenario pencalegan, yaitu untuk keanggotaan 45 orang anggota DPRD Batam dan 50 orang. Hal itu terkait usulan beberapa pihak untuk menambah jumlah anggota DPRD Batam dari 45 orang menjadi 50 orang.

"Ada beberapa skenario, 45 dan 50 orang," kata dia.

PKS, kata dia, juga sudah menyusun strategi caleg untuk enam daerah pemilihan dan juga empat atau lima. Hal itu terkait ide pemisahan beberapa dapil mengingat jumlah penduduk yang semakin besar.

Sama dengan PKS, Partai Demokrat juga memberikan kesempatan kepada masyarakat di luar kader untuk menjadi caleg dari partai itu.

Sekretais DPD Partai Demokrat Provinsi Kepulauan Riau, Surya Sardi mengatakan partainya membuka diri jika ada tokoh masyarakat ingin jadi Caleg. PD, kata dia, juga sudah memulai penjaringan caleg.

"Tapi tahapannya baru dimulai dengan pemetaan potensi caleg," kata pria yang juga menjabat Ketua DPRD Kota Batam. (Y011/N001)

Editor: Rusdianto