Fauzi Bahar Ingin Jadi Wakil Gubernur Kepri

id Fauzi, Bahar, Ingin, Jadi, Wakil, Gubernur, Kepri

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Mantan Wali Kota Padang, Sumatra Barat, Letkol Purn Fauzi Bahar mengutarakan keinginannya untuk menjadi wakil gubernur melalui pemilihan kepala daerah Kepulauan Riau pada awal 2015.

"Dengan pengalaman saya sebagai Wali Kota Padang selama 10 tahun, saya pikir saya mampu untuk menjadi calon Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) pada masa mendatang," kata Fauzi Bahar saat bersilaturahim dengan tokoh dan pemuda Minang di Tanjungpinang, Kepri, Sabtu.

Fauzi mengatakan dirinya tidak ingin menjadi Gubernur agar bisa fokus untuk membangun Kepri khususnya di bidang kelautan dan perikanan yang potensinya sangat besar dan belum digarap maksimal.

"Kalau menjadi gubernur saya tidak akan bisa fokus, karena waktu habis untuk acara atau kegiatan protokoler seperti saat menjadi wali kota," kata mantan prajurit Komando Pasukan Katak TNI Angkatan Laut itu.

Dengan keahlian yang dimilikinya di bidang kelautan dan perikanan, Fauzi juga optimistis bisa menggali potensi 94 persen laut di Kepri yang belum optimal pengelolaannya, khususnya dalam industri perikanan dan pariwisata.

"Wilayah Kepri 94 persen adalah laut, potensi tu sangat besar apalagi bisa dikelola dengan baik," ujar Fauzi yang ingin menerapkan teknologi canggih dalam bidang kelautan dan perikanan.

Fauzi yang pernah lama bertugas di perairan Kepri hingga mempersunting seoran wanita asal Kepulauan Anambas, menyebutkan Kepri adalah pintu gerbang Indonesia yang berbatasan dengan tujuh negara, sehingga memiliki keistimewaan tersendiri selain potensi laut dan migasnya yang melimpah.

"Kepri harus mampu memfaatkan potensi itu, terutama untuk pertahanan dan keamanan karena berbatasan dengan sejumlah negara tetangga," ujarnya.

Meski tahapan pemilihn Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri dilaksanakan usai pemilihan Presiden, Fauzi mengatakan langkah politik yang diambilnya sejak saat ini dimaksudkan untuk memperkenalkan diri sebagai "urang sumando" di Kepri yang memiliki kemampuan untuk memimpin daerah.

"Saya datang memperkenalkan diri bukan dengan modal 'dengkul' tapi saya datang dengan pengalaman dan keahlian saya di pemerintahan dan bidang keilmuan khususnya kelautan dan perikanan serta pendidikan," ujar Fauzi.

Hingga saat ini, Fauzi mengatakan pihaknya masih menjalin komunikasi dengan sejumlah partai politik, yang diharapkan "meminangnya" nanti menjadi calon Wakil Gubernu Kepri.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE