Seluruh Jamaah Embarkasi Batam Tiba di Mekah

id seluruh,jamah,haji,batam,tiba,mekah

Batam (Antara Kepri) - Seluruh Jamaah Calon Haji Embarkasi Batam yang terdiri dari 18 kelompok terbang dan empat provinsi, yaitu Riau, Kepulauan Riau, Jambi dan Kalimantan Barat, sudah berada di Mekah pada Senin, untuk persiapan menjalankan Ibadah Wukuf.
       
"Sore ini waktu Arab Saudi, semua kloter sudah sampai di Mekah," kata Sekretaris Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Batam, Mazdjad di Batam, Senin.
       
Kloter terakhir Embarkasi Batam yang berangkat ke Mekah, yaitu Kloter 14 berangkat dari Madinah pada Senin pagi waktu Arab Saudi. Para calon haji berangkat setelah menunaikan rangkaian ibadah di Madinah selama delapan hari.
       
Sedangkan Kloter 15 hingga 18 masuk gelombang ke dua yang memang langsung terbang ke Mekah dari Tanah Air.
       
Mazdjad mengatakan, berdasarkan petugas non Kloter Embarkasi Batam yang berada di Mekah, seluruh jamaah calon haji dalam kondisi relatif sehat.
       
"Artinya, tidak ada lagi jamaah yang dirujuk ke Balai Pengobatan Haji Indonesia. Semuanya berada di pemondokan," kata dia.
       
Para calon haji berada di Mekah untuk mempersiapkan diri menjelang ibadah puncak, wukuf di Arofah.
       
Beberapa persiapan yang dilakukan jamaah antara lain survei lokasi ibadah di Arofah, Musdalifah dan Mina dan melakukan ziarah.
       
Ia mengingatkan pada seluruh jamaah untuk mempersiapkan fisik sebaiknya, mengingat saat ini cuaca di Mekah sangat panas bagi orang Indonesia.
       
"Cuaca panas, mencapai 48 delapan Celcius, itu laporan Muhdi, petugas kami di Arab Saudi," kata dia.

Demi menjaga kesehatan, ia menganjurkan seluruh jamaah untuk banyak mengonsumsi air putih agar tidak mengalami dehidrasi.
       
Sementara itu, Embarkasi Batam mencatat dua jamaahnya meninggal di Tanah Suci yaitu Zainuddin Umar bin Jopun (64) yang berasal dari Kabupaten Pelalawan, Riau dan Martius bin Nurdin (53) yang berasal dari Kota Pekanbaru, Riau.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE