Propam Periksa Sejumlah Anggota Brimob Polda Kepri

id Propam,Periksa,Anggota,Brimob,Polda,Kepri,penembakan,gerebek,gudang,solar

Batam (Antara Kepri) - Bidang Propam Polda Kepulauan Riau (Kepri) mulai memeriksa sejumlah anggota Satuan Brimob Polda Kepri di ruang Kasubbagrehabpers Bidpropam lantai 2, Mapolda Kepri, Jumat siang.

Koresponden Antara di Batam melaporkan pemeriksaan dilakukan oleh petugas Kepolisian dan TNI, namun tidak ada keterangan dari pemeriksa dan terperiksa dalam pemeriksaan yang diduga terkait dengan insiden tertembaknya empat anggota TNI pada Minggu (21/9).

Secara bergantian, petugas memanggil satu persatu anggota Brimob Polda Kepri yang berpakaian lengkap untuk masuk ruangan dan menjalani pemeriksaan oleh sejumlah petugas.

Kegiatan pemeriksaan tersebut berlangsung tertutup, bahkan sejumlah wartawan yang hendak meliput pemeriksaan diminta seorang petugas untuk meninggalkan lokasi sekitar pemeriksaan.

"Dari mana mas, nanti dulu ya? Mohon maaf, tidak boleh disini dulu. Nanti Pak Kapolda (Kapolda Kepri Brigjen Pol Arman Depari) yang akan memberikan keterangan. Maaf ya," kata petugas berseragam polisi itu dengan nada sopan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen TNI Andika Perkasa menyampaikan tim investigasi dari Mabes TNI adalah Brigjen TNI M Bambang Taufik (Wakil Asisten Pengamanan Kasad) dan Brigjen TNI Hartomo (Komandan Pusat Intelijen TNI AD).

Selanjutnya, Kolonel Chk Markoni (Wakil Direktur Hukum TNI AD), Kolonel Inf Bambang Purwono, Kolonel CPM Donny Makaminan, Letkol CPM M Rokib Jabar S, Letkol Inf Mujahidin, dan Mayor Inf Wahyu Asmara.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Kepri Ajun Komisiaris Besar Polisi (AKBP) Hartono mengatakan seluruh petugas Polri yang melakukan pemeriksaan juga berasal dari Mabes.

"Semua dari Mabes Polri, tidak ada yang dari Polda," kata dia.

Pada Minggu (21/9) sekitar pukul 21.00 WIB, terjadi insiden antara sejumlah anggota Brimob dan TNI hingga mengakibatkan empat orang tertembak.

Kejadian tersebut bermula saat Direskrimsus Polda Kepri hendak menggerebek gudang solar ilegal di kawasan Tembesi dengan meminta bantuan Brimob Polda Kepri untuk pengamanan dalam penggerebekan itu.

Di sela penggerebekan itulah terjadi insiden yang menewaskan empat TNI, namun kedua institusi (TNI dan Polri) kini sepakat untuk membentuk tim investigasi guna mengungkap insiden tersebut sesuai dengan fakta sebenarnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE