Polda Kepri-PDRM Lakukan Pertukaran Personel

id Polda,Kepri,PDRM,malaysia,Lakukan,Pertukaran,Personel,perbatasan

Batam (Antara Kepri) - Polda Kepulauan Riau dan Polisi Diraja Malaysia (PDRM) melakukan pertukaran personel yang fokus bertugas menangani kejahatan di perbatasan kedua negara.

Kabid Humas Polda Kepri, AKBP Hartono di Batam, Selasa mengatakan, delegasi PDRM yang akan ditempatkan di Polda Kepri di antaranya, ACP HJ Zainuddin Bin Zainal sebagai ketua dan Supt Datin Wan Safiah BT HJ WAN Ahmad sebagai wakil.

Sedangkan delapan orang sebagai anggota, Supt Mohhd Taib Bin HJ Ahmad, Supt Muhammad Azlin Bin HJ Sadari, Supt Khairy Bin Abdul Kadir, DSP Lam YOOK Chai, DSP ADZLI Bin Abu Shah, ASP NOR ZALEHA BT Ismail, SASP Normah BT DUN, Insp Al Husin Bin Halil.

Ia mengatakan, pelaksanaan penerimaan delegasi PDRM dalam program pertukaran personil dengan Polri dipimpin Kapolda Kepri Brigjen Pol Arman Depari dan perwakilan pejabat PDRM. 

"Dengan program ini diharapkan akan terjalin komunikasi yang efektif antara Polri dan PDRM, sehingga akan mempermudah koordinasi dalam pelaksanaan tugas, khususnya berkaitan dengan penyelesaian berbagai permasalahan di wilayah perbatasan," kata dia.

Hartono mengatakan, Kapolda Kepri berharap kepada pejabat Polda dapat menerima delegasi Polis Diraja Malaysia dengan baik, lakukan komunikasi yang efektif, untuk saling bertukar pikiran dan pengalaman sehingga akan mendapatkan wawasan baru berkaitan dengan penanganan berbagai permasalahan keamanan atau gangguan kamtibmas.

"Kapolda meminta seluruh pejabat di Polda Kepri melakukan kajian secara mendalam terhadap berbagai informasi yang didapatkan, sehingga diharapkan akan menjadi masukan yang terbaik di dalam mengambil langkah¿langkah selanjutnya," kata Hartono.

Sementara itu, Konsul Kepolisian KJRI Johor Bahru Malaysia, Kompol Endro Sulaksono mengatakan, ke-10 Delegasi dari PDRM diterima oleh Ditlantas Polda Kepri, Komisaris Besar Polisi Tantan Sulistiana, dan Direktur Ditreskrimum Polda Kepri Komisaris Besar Polisi Cahyono Wibowo.

Hari ini, kata dia, delegasi PDRM akan diterima secara simultan oleh Direktur Ditreskrimsus Komisaris Besar Polisi Syaha Diantono, Ditnarkoba Komisaris Besap Polisi Wiyarso dan Dir Polair Komisaris Polisi Hero Hendrianto Bachtiar.

Sebelumnya, kata Endro, pada Minggu (2/11) telah dilakukan patroli bersama di perairan perperbatasan Kepri dan Johor oleh Polair Kepri dipimpin oleh AKBP Danu Waspodo dengan Polis Marin Johor dipimpin oleh ASP Mazree.

"Patroli bersama atau rendezvous (RV) merupakan kegiatan rutin perbatasan penegak hukum perbatasan kedua negara. Tujuan RV kali ini untuk saling tukar informasi terkait dengan tindak pidana di laut kedua negara khususnya penyelundupan manusia, narkoba, perompakan dan pencurian ikan," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE