Pemprov Kepri Tunda Sewa Kapal TNI AL

id Pemprov,Kepri,Tunda,Sewa,Kapal,TNI,AL,natuna,anambas,sembako,perintis

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) menunda sewa kapal milik TNI AL untuk mengangkut sembako dari Tanjungpinang ke Natuna dan Kepulauan Anambas.

"Kami sudah bahas rencana penyewaan kapal milik TNI AL dengan Danlantamal IV Tanjungpinang, tetapi nampaknya harus kami tunda, karena ada kapal yang dikelola Pelni yang dapat dimanfaatkan untuk mengangkut sembako ke Natuna dan Anambas," kata Sekretaris Daerah Kepri Robert Iwan L di Tanjungpinang, Kamis.

Robert membantah penundaan penyewaan kapal milik TNI AL itu disebabkan biaya sewa yang mahal. Pemprov Kepri, kata dia menyewa kapal sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

"Tentu kegiatan itu dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," katanya.

Dia menambahkan jika sembako yang diangkut Kapal KM Bukit Raya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Natuna dan Anambas, maka Pemprov Kepri tidak menyewa kapal milik TNI AL.

Sebaliknya, lanjutnya Pemprov Kepri akan menyewa kapal milik TNI AL bila tidak ada solusi dari Pelni maupun Kementerian Perhubungan.

"Mudah-mudahan pekan ini KM Bukit Raya sudah berlayar ke Natuna dan Anambas," ujarnya.

Dia mengemukakan persediaan sembako di dua daerah tersebut mulai menipis. Hal itu disebabkan empat kapal yang disubsidi pemerintah tidak beroperasi sejak awal Januari 2015.

"Kami fokus menangani permasalahan ini. Kalau permasalahan ini tidak segera diatasi, kasihan masyarakat Natuna dan Anambas," katanya. 

KM Trigas, Sabuk Nusantara 30, Sabuk Nusantara 39 dan KM Kawarane 2 yang biasanya mengangkut sembako ke Natuna dan Anambas sampai sekarang belum dapat beroperasi karena pemerintah belum melelangnya. 

"Empat kapal itu pada tahun-tahun sebelumnya membawa penumpang dan sembako ke Natuna dan Anambas," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE