Dishub Rancang Kapal Khusus untuk Perairan Kepri

id Dishub Rancang, Kapal Khusus, untuk Perairan, Kepri

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Kabid Perhubungan Laut Dinas Perhubungan Kepri, Azis Kasim Djou menyatakan bahwa pihaknya sudah mendesign kapal khusus yang tahan gelombang dan sesuai dengan perairan Kepri.

"Kapal yang dirancang Dishub Kepri memiliki palkah berdaya tampung 400 ton dengan penumpang sebanyak 200 sampai 300 orang," kara Azis Kasim Djou. 

Sementara, Sabuk Nusantara yang merupakan kapal Indonesia bagian Timur  hanya berkapasitas palkah 50 ton kargo.

Sehingga diperkirakannya daya tampung palkah kapal yang dirancang Dishub Kepri mampu mengangkut penumpang sekaligus kargo antar pulau di Kepri.

"Tidak seperti Sabuk Nusantara yang tidak bisa tuntas sekali angkut," katanya.

Menurut Azis, sudah saatnya Kepri memiliki kapal sendiri mengingat masyarakat yang berada di pulau juga memiliki hak yang sama dengan masyarakat yamg tinggal di daratan.

Artinya sambung Azis, jika di daratan dibangun jalan, tentunya masyarakat di pulau membutuhkan adanya kapal.

"Kita harus sadar akan hal ini dan Kepri wajib punya kapal sendiri. Suka tidak suka Kepri harus punya kapal sendiri," tegasnya.

Menurut Azis, seandainya Kepri memiliki kapal, masyarakat tidak lagi menunggu proses lelang dari Pusat, karena penugasan pengoperasiannya bisa langsung ditunjuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Perihal Kepri buat kapal tersebut juga mendapat tanggapan positif dari gubernur dengan rencana penganggaran pada 2016.

Jadi, sambungnya, pemerintah suka tidak suka mau tidak mau harus melengkapi infrastruktur angkutan laut demi masyarakat tanpa memperhitungkan rugi atau untung.

"Jangan dianggap demand, tapi anggaplah infrastruktur itu merupakan hak masyarakat untuk memperolehnya," papar Azis. (Antara).

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE