Bandara Minta Lion Batam Penuhi Hak Penumpang

id Bandara,Lion,hang,nadim,Batam,Hak,delayed,tunda,penundaan,penerbangan,pesawat,Penumpang

Batam (Antara Kepri) - Manajemen Bandara Internasional Hang Nadim  meminta maajemen Lion Air Batam, Kepulauan Riau, memenuhi hak seluruh  penumpang yang mengalami penundaan keberangkatan pesawat sejak Jumat pagi.

"Kami minta manajemen Lion Air memenuhi seluruh hak calon penumpang yang mengalami penundaan penerbangan. Jangan sampai mereka ditelantarkan," kata Plt Kepala Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso.

Sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 Tahun 2011 tentang Asuransi Keterlambatan, Bagasi Hilang serta Kecelakaan yang mulai berlaku per 1 Januari 2012, dijelaskan bahwa maskapai penerbangan yang pesawatnya "delayed" lebih dari 4 jam wajib memberikan ganti rugi Rp300 ribu per penumpang.

Sedangkan bagasi yang hilang, harus diberikan ganti rugi Rp200 ribu per kilogram, maksimum Rp4 juta. Sementara untuk kargo yang hilang, pengangkut wajib memberikan ganti rugi sebesar Rp100.000 per kilogram, untuk kargo yang rusak wajib diberikan ganti rugi sebesar Rp50.000 per kilogram.

"Selain itu penumpang juga berhak mendapatkan makanan, minuman, dan penginapan jika terjadi pembatalan penerbangan. Itu semua harus ditaati," kata Suwarso.

Otoritas Bandara Internasional Hang Nadim Batam menyatakan sejak Jumat pagi tercatat penerbangan Lion Air dari Batam tujuan Yogyakarta, Surabaya, dan Jakarta terlambat.

"Bahkan yang ke Yogyakarta lebih dari empat jam," kata Plt Kepala Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Jumat.

Pesawat Batam-Yogyakarta, kata dia, seharusnya terbang pukul 09.40 WIB. Namun manajemen menunda hingga dua kali.

"Pertama diberitahukan pesawat tunda dan akan diterbangkan pukul 12.00 WIB. Namun kembali diumumkan penundaan hingga pukul 14.00 WIB," kata dia.

Suwarso mengatakan, berdasarkan informasi dari Manajemen Lion, ada sejumlah pesawat yang rusak sehingga mengganggu rotasi penerbangan.

"Keterlambatan sejumlah penerbangan Lion Air juga sudah terjadi sejak Kamis (19/2) untuk tujuan Yogyakarta, Jakarta, Surabaya," kata Suwarso.

Berdasarkan papan pengumuman kedatangan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, sejumlah penerbangan Lion tujuan Batam juga tidak sesuai jadwal. Diantaranya penerbangan Jambi-Batam JT-139 pukul 8.55 WIB.

Pangkal Pinang-Batam JT-129 pukul 8.30 WIB, Padang-Batam JT-232 pukul 8.55 WIB, Surabaya-Batam JT-971 pukul 10.15 WIB Jakarta-Batam JT-376 10.55 WIB dan Pekanbaru-Batam JT-236 harusnya 11.30 WIB dan diperkirakan baru mendarat 12.15 WIB. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE