Peserta UN SMA Batam 8.683 Siswa

id Peserta,UN,SMA,Batam,Siswa,ujian,nasional

Batam (Antara Kepri) - Dinas Pendidikan Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau menyatakan sebanyak 8.638 orang siswa SMA sederajat akan menjadi peserta Ujian Nasional (UN) 2015 pada 13-15 April mendatang.

"Dari daftar terakhir 8.638 orang siswa tersebut yang akan menjadi peserta UN. Jumlah itu meningkat 1.305 orang siswa dibanding 2014 yang hanya 7.378 orang peserta," kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan Kota Batam, Andi Agung di Batam, Minggu.

Andi mengatakan, peserta UN tingkat SMA sederajat 2015 berasal dari 40 SMA negeri dan swasta di seluruh Kota Batam dengan jumlah siswa mencapai 3.828 orang.

Selanjutnya, sebanyak 51 SMK negeri dan swasta dengan jumlah siswa mencapai 4.487 orang. Selain itu peserta dari 13 Madrasah Aliah (MA) negeri dan swasta dengan jumlah siswa 368 orang.

"Setiap tahun kecenderungan peserta UN di Batam termasuk SMA memang meningkat. Hal tersebut karena jumlah anak usia sekolah meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk," kata Andi.

Andi juga mengatakan, dari tahun ke tahun masih terus didirikan sekolah-sekolah baru di Batam termasuk SMA sederajat agar seluruh anak usia sekolah tertampung.

"Tahun ini juga ada sejumlah sekolah yang baru pertama kali melaksanakan UN tingkat SMA. Itulah kenapa setiap tahun selalu ada peningkatan peserta yang signifikan," kata dia.

Salah satu sekolah swasta di Kota Batam lama yang memiliki peserta didik banyak ialah SMK Kartini Batam yang tahun ini sebanyak 298 orang siswanya akan mengikuti UN.

SMK Kartini Batam adalah sekolah yang didirikan periode 1980, dan merupakan salah satu sekolah swasta pertama yang hingga kini masuk jajaran unggulan.

"Pada 2014 empat siswa kami masuk 10 besar terbaik di Kepri. Tahun ini kami juga sudah mempersiapkan siswa dengan baik dan optimis mencapai nilai optimal," kata Kepala SMK Kartini Batam, Mujiono.

Untuk tingkat Provinsi Kepri, Batam merupakan darah dengan jumlah peserta ujian terbanyak karena sekitar 60 persen penduduk provinsi itu berada di Batam. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE