KPU Kepri Imbau Jurnalis Aktif Sukseskan Pilkada

id KPU, Kepri, Imbau, Jurnalis, Aktif, Sukseskan, Pilkada

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau (KPU Kepri) mengimbau jurnalis yang bertugas di wilayah itu aktif dalam menyukseskan pilkada yang digelar Desember 2015.

"Peranan jurnalis sangat besar dalam menyukseskan pesta demokrasi. Itu sudah terbukti dalam sejarah pesta demokrasi di Indonesia," kata Komisioner KPU Kepri Marsudi di Tanjungpinang, Minggu.

Selama ini, lanjutnya jurnalis yang bertugas di Kepri sudah menunjukkan peranannya dalam menyukseskan pilkada. Berita-berita karya jurnalis yang disajikan di media massa sangat bermanfaat bagi masyarakat dan penyelenggara pemilu.
   
Berita-berita karya jurnalis di daerah lainnya, termasuk yang bertugas di DKI Jakarta juga menambah pengetahuan dan informasi penyelenggara pemilu. Banyak informasi terbaru yang disajikan secara cepat di media elektronik dan media cetak.

"Sebagian informasi terkait pembahasan regulasi pilkada serentak kami dapatkan dari berita di media massa," katanya.

Menurut dia, jurnalis tidak hanya mencari atau menggali informasi, melainkan turut mengawasi penyelenggaraan pesta demokrasi, memberi kritik yang membangun dan memberi saran atau solusi pemilu dapat diatasi.

"Tidak hanya sekadar memberi informasi, melainkan juga kritik yang membangun. Ini sangat membantu kami. Kami memberi apresiasi," katanya.

Marsudi mengatakan media massa merupakan mitra kerja penyelenggara pemilu. Pada Pilkada Kepri Desember 2015, KPU Kepri direncanakan akan bekerja sama dengan sejumlah media massa.

KPU Kepri yang berhak memesan iklan kampanye peserta pilkada. Iklan kampanye juga dibayar penyelenggara pilkada dengan menggunakan anggaran negara.

"Peserta pilkada hanya membuat desainnya sesuai ketentuan yang berlaku," katanya.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE