Tim Penilai KPU Kepri Mulai Kumpulkan Data

id tim,penilai,kpu,kepri,pilkada,calon,gubernur

Penilaian disesuaikan dengan kategori penghargaan yang diikuti KPU kabupaten dan kota
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Tim penilai yang dibentuk KPU Provinsi Kepulauan Riau mulai mengumpulkan data untuk menilai kinerja KPU kabupaten dan kota dalam menyelenggarakan pilkada serentak 9 Desember 2015.

Sekretaris Tim Penilai Pemberian Penghargaan KPU Kabupaten dan Kota di Kepri, Neng Suryanti Ningsih, di Kantor KPU Kepri, Rabu, mengatakan penilaian dilakukan sebagai dasar dalam pemberian penghargaan terhadap KPU kabupaten dan kota yang berprestasi.

"Penilaian disesuaikan dengan kategori penghargaan yang diikuti KPU kabupaten dan kota," katanya.

KPU Kepri menyiapkan lima kategori penghargaan. Pertama, berhubungan dengan kreasi sosialisasi, iklan layanan masyarakat dan partisipasi pemilihan.

Kedua kategori penghargaan untuk transparansi informasi pelayanan, sedangkan yang ketiga terkait daftar pemilih berkualitas. Kategori penghargaan yang keempat berhubungan dengan penyelenggaraan pemilihan berintegritas, dan kelima terkait pemilu akses.

"KPU kabupaten dan kota dapat mengikuti seluruh kategori atau memilih satu atau beberapa kategori saja. Kami menilai berdasarkan kategori yang mereka ikuti," ucapnya, yang juga sebagai tim penilai kinerja KPU kabupaten dan kota dalam menyelenggarakan Pemilu 2014.

Anggota tim penilai, Bismar Arianto mengatakan pemberian penghargaan berdasarkan pada isian indikator kategori penghargaan. Selain itu, tim penilai juga harus mempertimbangkan karakteristik daerah seperti luas daerah, jumlah pemilih dan letak geografis.

"Tim penilai akan melakukan verifikasi faktual atas kebenaran atau akurasi isian instrumen penilaian, dan mendapatkan informasi tambahan dari pemangku kepentingan seperti Bawaslu, ormas, pemantau, akademisi setempat, partai politik dan media massa," katanya yang juga Ketua tim penilai kinerja KPU kabupaten dan kota dalam menyelenggarakan Pemilu 2014.

Komisioner KPU Kepri Arison, yang juga anggota tim penilai mengatakan pemberian penghargaan terhadap KPU kabupaten dan kota yang berprestasi dalam menyelenggarakan pilkada bertujuan untuk meningkatkan kinerja penyelenggara pemilu.

Tim penilai berjumlah tujuh orang, yang terdiri dari dua Komisioner KPU Kepri yakni Arison dan Marsudi, dari kalangan profesional Nikolas Panama, dua tokoh masyarakat Den Yealta dan Ferry Mulyadi Manalu, serta dari akademisi Neng Suryanti Ningsih dan Bismar Arianto.

"Kami bekerja hingga 25 Januari 2015. Hasil penilaian akan diumumkan di Kantor KPU Kepri," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE